Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contohnya

Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contohnya

Tutorilmu.id. Menggunakan brosur sebagai media promosi jauh lebi efektif, karena tidak semua orang menggunakan media sosial khususnya internet.

Brosur dapat digunakan untuk menyebarkan informasi tentang suatu produk, dan telah membuktikan bahwa brosur  menghasilkan banyak manfaat serta menjadi media promosi yang lebih optimal.

Umumnya, brosur berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata dan suatu informasi atau produk ditambah sedikit gambar pendukung.

Brosur yang menawarkan suautu produk atau jasa seiring berkembangnya zaman, brosur kini dapat disajikan dalam bentuk digital yang bisa diunduh kapan saja.

Baca : Mengenal Berbagai Jenis Media Komunikasi

Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat bisa mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan diantaranya ialah brosur tentang makanan, bahasa inggris, sekolah, dan lain sebagainya.

Pengertian Brosur

Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan suatu promosi. Brosur berfungsi memberikan suatu informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen.

Alan Swann menyatakan brosur ialah pamflet atau booklet yang berisikan mengenai jasa atau produk. Dan dapat dijelaskan mengenai jasa atau produk yang berkarakter atau berkualitas untuk suatu penjualan. Brosur juga dapat di artikan sebagai cetakan yang berisikan suatu keterangan singakat perusahaan agar dapat diketahui secara umum.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Brosur adalah media informasi yang ditulis pada suatu masalah, disusun secara sistematis atau dicetak, hanya terdiri dari beberapa halaman dan dilipat tanpa mengikat selebaran atau dicetak dengan informasi singkat.

Ciri-Ciri Brosur

Brosur memiliki ciri ciri atau karakteristik yang berbeda, dan bisa dilihat sebagai berikut:
1. Menginformasikan produk ke masyarakat.
2. Isinya jelas dan desain menarik.
3. Menarik perhatian publik semenarik mungkin.
4. Didistribusikan secara sendiri.
5. Hanya sekali terbit.
6. Memiliki pesan tunggal.

Fungsi Brosur

Fungsi brosur, dibagi menjadi 3 (tiga) bagian diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Fungsi Informatif, yaitu dipakai untuk menginformasikan kepada para konsumen yang berkaitan dengan presentasi suatu perusahaan, produk baru atau layanan yang perusahaan yang ingin ditawarkan, ataupun perubahan terbaru dalam nama perusahaan, dan lain-lain.

2. Fungsi Iklana, yaitu untuk mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.

3. Fungsi Identifikasi adalah  untuk mempertahankan kriteria. hal. Ini akan memberikan prestise dan juga kredibilitas bagi perusahaan. 

Contoh Brosur

1. Brosur makanan

2. Brosur Sekolah

3, Brosur jasa

Demikian tentang Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *