Buku Manual Petunjuk Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional SMA Tahun 2022

Buku Manual Petunjuk Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional SMA Tahun 2022

Tutorilmu.id. Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 untuk jenjang SMA Sederajat yang berawal pada pelaksanaan UN tahun 2010 yang mana saat itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja.

Sejalan dengan bergeraknya waktu, dan kebutuhan rekap data calon perserta UN yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang mudah didapat dan digunakan maka perlu diubah metode pendataan yang biasa digunakan pada waktu lampau dengan metode online.

Oleh karena itu diterbitkan Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 jenjang SMA Sederajat untuk mempermudah penggunaannya.

Pusat Asesmen Nasional, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek menerbitkan Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 jenjang SMA Sederajat.

Baca : Buku Manual Petunjuk Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN SMP Tahun 2022

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online.

Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) tahun 2022 jenjang SMA Sederajat adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta AN tahun 2022. Aplikasi ini dapat diakses secara daring, dengan alamat akses di https://bioansma.kemdikbud.go.id.

Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 jenjang SMA Sederajat diharapkan dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional di tingkat Provinsi di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan program yang dibuat.

Alur Proses Pendataan

Alur Proses Pendataan Calon Peserta AN tahun 2022 secara garis besar adalah sebagai berikut.

Pengelola data Satuan Pendidikan.

1. Menambahkan Calon Peserta AN dengan CaraImpor Data dari Server Integrasi yang berbasis data DAPODIK/EMIS.

2. Melakukan proses Generate Sampling Calon Peserta AN.

3. Melakukan proses Cetak DNS (Daftar Nominasi Sementara) Calon Peserta AN.

4. Melakukan proses Generate Nomor Peserta Calon Peserta AN.

5. Melakukan proses Cetak DNT (Daftar Nominasi Tetap) Calon Peserta AN.

Untuk memudahkan pengelolaan data, Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN tahun 2022 dilakukan secara berjenjang, dibagi menjadi 3 Kategori pengguna, yaitu sebagai berikut.

1. Pengguna Satuan Pendidikan adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan dan Calon Peserta AN tahun 2022 di masing- masing Satuan Pendidikannya.

2. Pengguna Kota/Kabupaten adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengeloladata Satuan Pendidikan serta Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing kota/kabupaten.

3. Pengguna Provinsi adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan dan Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing provinsi.

Aplikasi berbasis web, silahkan mengetikkan pada pada alamat url browser (Google Chrome/Mozilla Firefox) https://bioansma.kemdikbud.go.id,

Buku Manual Petunjuk Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional SMA Tahun 2022 selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.

 

Download

Demikian Buku Manual Petunjuk Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional SMA Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *