Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD

Tutorilmu.id. Sebagai bagian dari program Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merancang model pembelajaran dengan paradigma baru. 

Bersama pendidik, akademisi, dan praktisi dari berbagai institusi, Kemendikbudristek telah menyusun buku teks pelajaran untuk mendukung implementasi pembelajaran paradigma baru tersebut.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Teks Pelajaran Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Kurikulum Merdeka.

Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar.

Baca :Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD

Kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak.

Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Buku teks pelajaran jenjang PAUD terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping. Dalam buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku.

Di dalam konteks pembelajaran, buku teks utama terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru. Buku siswa merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan buku panduan guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku siswa tersebut.

Berikut ini adalah Buku Teks Pembelajaran Satuan Pendidikan Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD

Buku ini berisi tentang apa itu Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM serta bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan PAUD sesuai dengan konteks lokal satuan.

Buku ini juga memberikan contoh kejadian dan kegiatan yang dilengkapi dengan foto serta ilustrasi untuk memberikan gambaran lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam pembelajaran.

Buku ini ditulis agar Guru PAUD dapat memaknai capaian pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kekhasan karakteristik Satuan PAUD seperti kondisi anak didik, orang tua, sosial masyarakat, lingkungan, dan hal lain yang terkait dengan keberadaan satuan PAUD.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.

 

 Download

Demikian tentang Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan