Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD
Tutorilmu.id. Sebagai bagian dari program Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merancang model pembelajaran dengan paradigma baru.
Bersama pendidik, akademisi, dan praktisi dari berbagai institusi, Kemendikbudristek telah menyusun buku teks pelajaran untuk mendukung implementasi pembelajaran paradigma baru tersebut.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Teks Pelajaran Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Kurikulum Merdeka.
Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar.
Baca :Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD
Kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak.
Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak.
Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD
Buku teks pelajaran jenjang PAUD terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping. Dalam buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku.
Di dalam konteks pembelajaran, buku teks utama terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru. Buku siswa merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan buku panduan guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku siswa tersebut.
Berikut ini adalah Buku Teks Pembelajaran Satuan Pendidikan Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka.
Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD
Buku panduan ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum kepada guru PAUD dalam proses pembimbingan, pembentukan, dan pengembangan kegiatan CP Jati Diri.
Konsep Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain menjadikan ragam contoh kegiatan pada buku ini bukan merupakan bentuk baku yang wajib diikuti oleh guru pada satuan PAUD. Guru dapat mengembangkan bentuk kegiatan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan visi dan misi sekolah masing-masing.
Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Pendidikan Anak Usia Dini selengkapnya terdapat dalam tautan berikut ini.
Download
Demikian tentang Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD. Semoga bermanfaat.