Buku Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual

Buku Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual

Tutorilmu.id. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemendikbudristek telah menerbitkan  Buku Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual yang bertujuan untuk memandu para guru di lapangan agar dapat menyusun rancangan pembelajaran individual yang sesuai untuk peserta didik

Pembelajaran individual yang dimaksud adalah individualisasi pembelajarannya, atau pembelajaran yang diberikan secara khusus oleh guru kepada peserta didik meskipun mereka belajar bersama atau belajar bersama-sama dalam kelompok kelas atau pembelajaran klasikal.

Baca : Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif

Layanan pembelajaran secara individual ini biasa kita sebut sebagai program pembelajaran yang diindividualisasikan atau program pembelajaran individual (PPI).

PPI dapat melengkapi kekurangan pada kurikulum reguler yang tidak secara komprehensif memuat area yang relevan dengan kehidupan peserta didik berkebutuhan khusus.

Selain itu, PPI memberikan struktur pembelajaran yang sistematis untuk membantu para pendidik memusatkan diri pada area pembelajaran yang penting sesuai kemampuannya.

Tujuan

1. Tujuan Umum

Secara umum, panduan PPI bertujuan meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi semua peserta didik untuk mengoptimalkan kemampuan, kemandirian, dan peran serta peserta didik di tengah masyarakat.

PPI juga bertujuan menyelaraskan antara kebutuhan peserta didik, tugas, dan perkembangan belajar peserta didik dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

2. Tujuan Khusus

Secara khusus, panduan ini diharapkan dapat membantu guru dalam:

a. melaksanakan layanan pembelajaran dan memberikan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,

b. meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam layanan pembelajaran, dan

c. membantu guru mengembangkan akomodasi yang sesuai dalam pembelajaran dan penilaian untuk peserta didik berkebutuhan khusus.

Prinsip

PPI dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa prinsip-prinsip dasar, sebagai berikut.

1. PPI bertujuan menyelaraskan antara kebutuhan peserta didik, tugas, dan perkembangan belajar peserta didik dalam upaya mengembangkan potensi mereka secara optimal.

2. PPI berpusat pada peserta didik. Setiap komponen PPI difokuskan pada kemajuan dan kebutuhan siswa (kurikulum digunakan sebagai rambu-rambu).

3. PPI tidak hanya terbatas pada tujuan pembelajaran, dalam hal ini kurikulum pendidikan. Tujuan PPI juga dapat pula didasarkan pada penanganan dari hasil asesmen, misalnya, terkait keterampilan hidup sehari-hari atau perilaku adaptif (Activity Daily Living/ADL).

4. PPI tidak menentukan peserta didik, sebaliknya, peserta didik adalah subjek yang menentukan dasar pembuatan PPI. Oleh karena itu, kebutuhan, perkembangan, dan minat peserta didik menjadi orientasi dalam mempertimbangkan penyusunan PPI.

5. PPI harus bersifat dinamis, atau fleksibel terhadap berbagai perubahan dan kemajuan peserta didik, untuk diarahkan pada hasil akhir, yaitu kemandirian yang sangat berguna bagi kehidupannya, mampu berperilaku sesuai dengan lingkungannya atau berperilaku adaptif.

Fungsi

Fungsi Program Pembelajaran Individual (PPI) adalah sebagai berikut.

1. Memberi arah pengajaran dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, dan minat peserta didik.

2. Menjamin setiap peserta didik berkebutuhan khusus memiliki program yang disesuaikan degan kebutuhannya untuk mempertemukan karakteristik kebutuhan khusus mereka dan mengkomunikasikan program tersebut kepada pihak yang berkepentingan.

3. Meningkatkan keterampilan guru yang melakukan asesmen tentang karakteristik kebutuhan belajar tiap peserta didik secara spesifik dan melakukan usaha mempertemukan antara kebutuhan-kebutuhan belajar spesifik peserta didik masing-masing dengan tujuan pembelajaran.

4. Meningkatkan komunikasi antar anggota tim untuk keberhasilan peserta didik berkebutuhan khusus dalam pendidikan.

5. Menjadi sarana bagi peningkatan usaha untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih efektif. Perbedaan antara peserta didik berkebutuhan khusus sangat beragam, sehingga layanan pendidikannya bersifat individual.

Baca : Panduan Pendidikan Inklusif pada Kurikulum Merdeka

Buku Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.

 

Download

Demikian Buku Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan