Cara Lapor Gagal Masuk (Login) Pengelolaan Kinerja Pada PMM
Tutorilmu.id. Pengelolaan Kinerja pada PMM adalah alat bantu yang memudahkan Guru dan Kepala Sekolah untuk menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir guna peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Fitur Pengelolaan Kinerja ini telah terintegrasi dengan layanan e-kinerja yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara.
Sebelum mengakses Pengelolaan Kinerja, pastikan Anda merupakan Guru dan Kepala Sekolah yang memenuhi persyaratan dalam mengakses Halaman Pengelolaan Kinerja.
Pengguna yang dapat mengakses halaman Pengelolaan Kinerja adalah Guru dan Kepala Sekolah yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1. Guru dan Kepala Sekolah ASN (PNS dan PPPK) di bawah naungan Pemerintah Daerah dan sudah menggunakan platform e-Kinerja serta termasuk dengan Jenis PTK (Jenis GTK) berikut :
a. Guru Mapel
b. Guru Kelas
c. Guru BK
d. Guru Pengganti
e. Guru TIK
f. Guru Pendamping Khusus
g. Guru Pembimbing Khusus
h. Play Group Teacher
i. Kindergarten Teacher
j. Kepala Sekolah
2. Guru dan Kepala Sekolah non-ASN di bawah naungan Pemerintah daerah tetap dianjurkan untuk menggunakan Pengelolaan Kinerja di platform Merdeka Mengajar’
Jika Anda tidak memenuhi persyaratan untuk menggunakan Pengelolaan Kinerja karena Jenis PTK (Jenis GTK) berbeda seperti tampilan diatas, Anda dapat melakukan perubahan Jenis PTK (Jenis GTK) dengan menghubungi Operator Sekolah untuk pembaruan data diri di Dapodik. Setelah melakukan pembaruan data, Anda masih mengalami kendala serupa, Anda dapat mengikuti panduan berikut.
1. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil. Coba muat ulang halaman atau tutup dan buka kembali browser / ponsel Anda untuk memastikan tidak ada masalah koneksi.
2. Pastikan Anda melakukan login ke platform Merdeka Mengajar menggunakan Akun belajar.id
3. Jika Anda mengakses melalui aplikasi Merdeka Mengajar di Android, pastikan minimal versi aplikasi adalah 1.47
4. Untuk melihat informasi versi aplikasi yang digunakan, silakan buka menu Pengaturan.
Jika Anda masih mengalami kendala setelah melakukan langkah-langkah di atas, silakan klik tombol “Pusat Bantuan” yang ada di kanan bawah halaman ini dengan menyertakan informasi berikut:
1. Infokan email belajar.id yang digunakan untuk mengakses Pengelolaan Kinerja
2. Lampirkan bukti Versi Aplikasi PMM yang digunakan atau apabila Anda menggunakan browser, bisa infokan browser yang digunakan
3. Lampirkan bukti Screenshot notifikasi error yang muncul pada saat mengakses halaman Pengelolaan Kinerja
4. Lampirkan bukti Screenshot Halaman Dapodik pada bagian Jenis PTK (Jenis GTK)
5. Lampirkan bukti Screenshot Halaman Dapodik pada Status Kepegawaian
Selanjutnya, tim akan memeriksa data Anda dalam kurun waktu 8 jam kerja. Sebagai contoh: Jika laporan diterima pada hari Senin pukul 09:00, maka tim akan kembali dengan respons hasil pengecekan kendala pada Senin pukul 17:00.
Namun, apabila Anda mengirimkan laporan pada Jumat pukul 16:00, maka respons hasil pengecekan baru dapat diberikan pada Senin berikutnya pukul 14:00 karena pada Sabtu dan Minggu tim tidak beroperasi. Silakan respons kami melalui email.
Berikut cara pengisian/laporan di pusat bantuan dan data yang perlu disiapkan.
1. Klik tombol “Ke Pusat Bantuan”
2. Dipojok kanan bawah “Klik Pusat Bantuan”
3. Isikan Nama Lengkap anda
4. Isikan Email belajar.id
5. Isikan perihal : misalnya tidak bisa login di pengelolaan kinerja
6. Jenis Pengguna : Pendidik Dibawah Kemendikbudristek > Guru > sesuai status kepegawaiannya
7. Provinsi dan Kota/Kabupaten : silahkan disesuaikan dengan alamat anda
8. Jenis Laporan : Keluhan dan Kendala
9. Kategori Kendala : Pengelolaan Kinerja > Kendala Akses Pengelolaan Kinerja > Tidak bisa akses fitur Saat ini, halaman baru tersedia untuk Guru dan Kepala Sekolah > Data Dapodik sudah terkini.
9. Masukkan Akun belajar.id
10. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
11. NIP Sesuai Dapodik (Jika ASN)
12. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) > jika memiliki
13. Detail Pertanyaan : misalnya Tidak bisa akses fitur Saat ini, halaman baru tersedia untuk Guru dan Kepala Sekolah.
14. Dokumen Pendukung : masukkan gagal errornya di scrreenshot, lampirkan juga profil guru didapodik (bentuk PDF)
15. Tunggu konfirmasi dari email yang anda daftarkan tadi dan ikuti petunjuk yang diberikan.
Baca :
- Tiga Tahapan Pengelolaan Kinerja Untuk Guru
- Tanya Jawab Seputar Pengelolaan Kinerja pada PMM
- Indikator Rapor Pendidikan di Pengelolaan Kinerja
- Juknis Fitur Pengelolaan Kinerja Untuk Guru pada PMM
- Juknis Fitur Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah pada PMM
Demikian cara lapor gagal masuk (login) Pengelolaan Kinerja Pada PMM. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.