Contoh Modul Projek Profil P5 Kurikulum Merdeka Tahun 2024

Contoh Modul Projek Profil P5 Kurikulum Merdeka Tahun 2024

Tutorilmu.id. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dengan dimilikinya modul P5, maka pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan akan lebih terarah, sehingga Tema dan Dimensi yang dipilih akan tercapai dengan baik.  Modul Projek Profil dapat menjadi acuan bagi Tim Fasilitator dalam melaksanakan kegiatan P5 yang telah dirancang.

Pemerintah sendiri telah menyediakan contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul projek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul projek yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.

Terkait dengan hal tersebut, berikut adalah contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tahun 2024. Referensi Modul Projek Profil ini dapat untuk memberikan gambaran bentuk modul P5 sebagai bagian dari perangkat ajar Kurikulum Merdeka.

Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini juga dapat menjadi bahan ajar yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk dapat melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut, maka guru perlu menyusun modul projek.

Contoh Modul Projek Profil P5 Kurikulum Merdeka Tahun 2024
Contoh Modul Projek Profil P5 Kurikulum Merdeka Tahun 2024

Komponen Modul Projek

Modul projek dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran.

Modul Projek pada dasarnya memiliki komponen sebagai berikut.

1. Profil Modul

a. Tema dan topik atau judul modul

b. Fase atau jenjang sasaran

c. Durasi kegiatan

2. Tujuan

a. Pemetaan dimensi, elemen, sub elemen Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan projek profil.

b. Rubrik pencapaian berisi rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik (Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah)

3. Aktivitas

a. Alur aktivitas projek profil secara umum.

b. Penjelasan detail tahapan kegiatan dan asesmennya

4. Asesmen

Instrumen pengolahan hasil asesmen untuk menyimpulkan pencapaian projek profil

Tim fasilitator memiliki kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul projek profil, menyesuaikan dengan kondisi sekolah dan kebutuhan peserta didik.

Modul dapat diperkaya dengan menambahkan komponen berikut.

1. Deskripsi singkat projek profil.

2. Pertanyaan pemantik untuk memancing diskusi atau proses inkuiri peserta didik.

3. Alat, bahan, serta media belajar yang perlu disiapkan.

4. Referensi pendukung

Tahapan Pengembangan Modul Projek Profil

Satuan pendidikan dapat menentukan pilihan pengembangan modul projek profil sesuai dengan tingkat kesiapannya (sesuai kondisi dan kebutuhan) sebagai berikut.

Tahap Awal

Menggunakan modul projek profil yang sudah tersedia: melakukan adaptasi modul dengan kondisi sekolah.

Tahap Berkembang

Menggunakan modul projek profil yang sudah tersedia: melakukan modifikasi di beberapa bagian modul, baik dari topik, tujuan, aktivitas, maupun asesmennya sehingga lebih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik.

Tahap Lanjutan

Merancang modul projek secara mandiri: melakukan penyusunan modul projek profil dari tahap pemilihan tema dan tujuan hingga pengembangan aktivitas dan asesmen secara mandiri.

Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

  • Modul P5 Tema Bangunlah Jiwa Raganya – Unduh
  • Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan – Unduh
  • Modul P5 Tema Suara Demokrasi – Unduh
  • Modul P5 Tema Rekaya dan Teknologi – Unduh
  • Modul P5 Tema Kearifan Lokal – Unduh
  • Modul P5 Tema Bhineka Tunggal Ika – Unduh
  • Modul P5 Tema Kewirausahaan – Unduh

Baca :

Demikian contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka 2024. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *