Contoh Soal PSAJ Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Contoh Soal PSAJ Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Tutorilmu.id. Berikut ini dibagikan contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024.

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Penilaian (asesmen) Sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, tugas unjuk perfoma (berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan proyek), portofolio (kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu), atau kombinasi.

Teknis pelaksanaan asesmen sumatif diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sesuai dengan kondisi sekolah maupun peserta didik.

Asesmen sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan

Asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang.

Oleh karena itu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang merupakan salah satu bentuk asesmen sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar kelulusan

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengikuti penilaian sumatif yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (salah satunya Penilaian Sumatif Akhir Jenjang).

Prinsip Asesmen

Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun PSAJ sebagai bagian dari asesmen pembelajaran.

1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran..

3. Perancangan asesmen secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar serta menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya.

4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif dan memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.

5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Fungsi dan Tujuan PSAJ

Penyelenggaraan PSAJ sebagai asesmen hasil belajar bertujuan sebagai berikut.

1. Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.

2. Untuk menetapkan ketercapaian penguasaan kompetensi.

3. Untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.

4. Untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Sedangkan fungsi PSAJ sebagai bentuk asesmen hasil belajar adalah sebagai berikut.

1. Digunakan untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

2. Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal.

3. Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.

4. Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

5. Untuk memenuhi fungsi sumatif dalam penilaian.

Contoh Soal PSAJ Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Contoh Soal PSAJ Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024
Contoh Soal PSAJ Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk belajar mengerjakan soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tahun 2024.

Dengan persiapan belajar lebih awal, maka peserta didik akan mampu memperoleh hasil maksimal dalam mengerjakan soal PASJ.

Contoh soal PSAJ Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024 ini daoat menjadi referensi belajar peserta didik, jika satuan pendidikan menyelenggarakan PSAJ dalam bentuk tes tertulis.

Lingkup Materi Soal PSAJ Matematika SMP/MTS :

1. Bilangan Bulat

a. Level Pengetahuan 

Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:

  • operasi bilangan bulat
  • operasi bilangan pecahan
  • perbandingan
  • operasi bilangan berpangkat
  • bilangan bentuk akar
  • pola barisan bilangan
  • barisan dan deret

b. Level Aplikasi 

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:

  • operasi bilangan bulat
  • operasi bilangan pecahan
  • perbandingan
  • operasi bilangan berpangkat
  • aritmatika sosial
  • pola barisan bilangan
  • barisan dan deret

c. Level Keterampilan

Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

  • bilangan bulat
  • bilangan pecahan
  • perbandingan
  • pola barisan bilangan
  • barisan dan deret
  • bilangan berpangkat
  • aritmatika sosial

2. Aljabar

a. Level Pengetahuan

Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:

  • bentuk aljabar
  • persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
  • himpunan
  • relasi atau fungsi
  • persamaan garis lurus
  • sistem persamaan linier dua variabel

b. Level Aplikasi

Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:

  • bentuk aljabar
  • persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
  • himpunan
  • relasi atau fungsi
  • persamaan garis lurus
  • sistem persamaan linier dua variabel

c. Level Keterampilan

Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

  • bentuk aljabar
  • persamaan linear satu variabel
  • himpunan
  • relasi dan fungsi
  • persamaan garis lurus
  • sistem persamaan linier dua variabel

3. Geometri dan Pengukuran

a. Level Pengetahuan

Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:

  • garis dan sudut
  • segiempat dan segitiga
  • teorema Pythagoras
  • lingkaran
  • bangun ruang sisi datar
  • kesebangunan dan kekongruenan
  • bangun ruang sisi lengkung

b. Level Aplikasi

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:

  • segitiga dan segiempat
  • teorema Pythagoras
  • lingkaran
  • bangun ruang
  • kesebangunan dan kekongruenan segitiga
  • bangun ruang sisi lengkung

c. Level Keterampilan

Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

  • segitiga dan segiempat
  • lingkaran
  • bangun ruang sisi datar
  • kesebangunan dan kekongruenan
  • bangun ruang sisi lengkung

4. Statistika dan Peluang

a. Level Pengetahuan

Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:

  • menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
  • ukuran pemusatan data
  • peluang

b. Level Aplikasi

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:

  • penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
  • ukuran pemusatan data
  • peluang

c. Level Keterampilan

Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

  • penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
  • ukuran pemusatan data
  • peluang

Berikut adalah contoh soal PSAJ Matematika SMP/MTs tahun ajaran 2023/2024 selengkapnya.

Contoh Soal PSAJ Matematika SMP/MTs dan Pembahasan – Unduh

Demikian contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Matematika SMP Tahun Ajaran 2023/2024. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan