Diksi Pilihan Kata, Inilah Ciri-Ciri, Tujuan, dan Kegunaannya

Diksi Pilihan Kata, Inilah Ciri-Ciri, Tujuan, dan Kegunaannya

Tutorilmu.id. Diksi adalah pilihan kata di dalam tulisan yang digunakan untuk menggambarkan sebuah cerita atau memberi makna sesuai dengan keinginan penulis.

Selain sebagai pilihan kata, diksi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dan sebagainya. 

Menurut KBBI, diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras. Diksi bertujuan supaya pembaca memahami teks dalam tulisan

Sedangkan Gorys Keraf mengatakan, pengertian diksi terbagi menjadi dua, yakni pilihan kata atau mengenai pengertian kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan, pengungkapan yang tepat dan gaya penyampaian kata yang lebih baik dan sesuai situasi.

Baca : Struktur Fisik Puisi Lengkap dengan Contohnya

Dalam sebuah karya tulis diksi dipakai untuk pembahasan aspek kata di dalam sajak. Diksi dalam puisi digunakan penyair untuk mendapatkan makna tertentu. Pemakaian diksi dalam karya sastra yang satu ini, mampu membantu pembaca memunculkan imajinasi dalam puisi.

Agar dapat menghasilkan tulisan atau karya yang menarik melalui pilihan kata maka diksi yang baik harus memenuhi syarat, seperti :

1. Ketepatan dalam pemilihan kata dalam menyampaikan suatu gagasan.

2. Seorang pengarang harus mempunyai kemampuan untuk membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa bagi pembacanya.

3. Menguasai berbagai macam kosakata dan mampu memanfaatkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang jelas, efektif dan mudah dimengerti.

Diksi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, antara lain yaitu denotasi konotasi, morfologi, semantik, dan etimologi.

Dilansir dari Liputan6.com berikut adalah tujuan penggunaan diksi, ciri-ciri,dan fungsi dal;am karya tulis.

Ciri-Ciri Diksi

 Adapun ciri-ciri diksi adalah:

1. Menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai dengan konteks kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan.

2. Pilihan kata yang digunakan dapat membedakan nuansa makna, kata, dan bentuk yang sesuai dengan ide atau gagasan, situasi, dan nilai rasa pembaca maupun pendengar.

3. Menggunakan pembendaharaan kata yang dimiliki dan dikenali oleh masyarakat, dan dapat menggerakan dan memberdayakan kekayaan tersebut menjadi jaring kata yang jelas.

Tujuan Diksi

Tujuan diksi adalah untuk memperoleh keindahan guna menambah daya ekspresivitas. Sebuah kata tentunya akan lebih jelas jika pilihan kata yang digunakan tepat dan sesuai.

Ketepatan pilihan kata bertujuan agar tidak menimbulkan interpretasi yang berbeda antara penulis atau pembicara dengan pembaca atau pendengar, sedangkan kesesuaian kata bertujuan agar tidak merusak suasana.

Hal ini juga berfungsi untuk menghaluskan kata dan kalimat agar terasa lebih indah. Diksi adalah pilihan kata yang berfungsi untuk mendukung jalan cerita agar lebih runtut mendeskripsikan tokoh, lebih jelas mendeskripsikan latar waktu, latar tempat, dan latar sosial dalam cerita tersebut.

Fungsi Diksi

Fungsi diksi adalah sebagai berikut:

1. Membuat komunikasi menjadi lebih efektif.

-2. Menciptakan komunikasi yang baik dan benar.

3. Menciptakan suasana yang tepat.

4. Mencegah perbedaan penafsiran.

6. Mencegah salah pemahaman.

7. Pencapaian target komunikasi lebih efektif.

8. Membentuk gaya ekspresi gagasan yang tepat (sangat resmi, resmi, tidak resmi )sehingga menyenangkan pendengar atau pembaca.

9. Melambangkan gagasan yang diekspresikan secara verbal.

10. Membuat orang yang membaca ataupun mendengar karya sastra menjadi lebih paham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.

11. Melambangkan ekspresi yang ada dalam gagasan secara verbal “tertulis ataupun terucap”.

12. Membentuk ekspresi ataupun gagasan yang tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar ataupun pembacanya.

Demikian tentang Diksi Pilihan Kata, Inilah Ciri-Ciri, Tujuan, dan Kegunaannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *