Download Buku Panduan Pelaksanaan PIMNAS ke-35 Tahun 2022

Download Buku Panduan Pelaksanaan PIMNAS ke-35 Tahun 2022

Tutorilmu.id. Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku Panduan Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS  ke-35 Tahun 2022.

Buku Panduan Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS  ke-35 Tahun 2022 ini merupakan acuan bersama bagi para pihak yang terlibat dalam PIMNAS ke-35 tahun 2022 terutama mahasiswa dan dosen pembimbing, sehingga terdapat keseragaman dalam memahami dan melaksanakan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PIMNAS ke-35 tahun 2022.

Selain itu, Buku Panduan Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS  ke-35 Tahun 2022 ini memberikan informasi mengenai mekanisme PIMNAS sehingga diharapkan pengguna dapat melaksanakan kegiatan PIMNAS ke-35 tahun 2022 secara terarah, sistematis, benar sesuai petunjuk dan tujuan yang diharapkan.

Baca : Pengumuman  Pelaksanaan PIMNAS ke-35 Tahun 2022

Latar Belakang

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional.

Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas di bidang ilmunya masing-masing. Pada tahun 2022, kegiatan PIMNAS dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Meskipun dilaksanakan dengan prokes yang ketat, tim mahasiswa tetap dituntut agar mampu menunjukkan level tertinggi kreativitas dan kemanfaatan produk intelektualnya.

Dengan demikian, kritik, saran dan pujian yang diperoleh akan menjadi komponen penting bagi mahasiswa dalam upayanya meningkatkan kinerja akademik di kemudian hari. Disamping itu, tuntutan tim juri yang bermutu dan transparan harus terpenuhi agar inovasi dan kreativitas mahasiswa dapat terpotret dengan sangat baik.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional. Pada PIMNAS tahun ini telah ditetapkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai tuan rumah pelaksana PIMNAS ke-35 tahun 2022.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan PIMNAS adalah:

1. Menjadi media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia;

2. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah;

3. Mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

4. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat;

5. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi;

6. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada suatu forum ilmiah;

7. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI;

8. Sebagai sarana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Buku Panduan Pelaksanaan PIMNAS ke-35 Tahun 2022 selengkapnya dapat didownload Di Sini

Demikian tentang Buku Panduan Pelaksanaan PIMNAS ke-35 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan