Download Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah KOM

Download Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah KOM

Tutorilmu.id. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) diterbitkan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Buku Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) ini disusun dalam rangka memberi arah dan inspirasi bagi madrasah jenjang pendidikan RA, MI, MTs, MA dan MAK dalam mengembangkan kurikulum operasional di madrasahnya. Untuk memandu Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada madrasah,

Selain buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Kementerian Agama telah menerbitkan buku panduan lainnya , yaitu:

1. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Madrasah

2. Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)

3. Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajara Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA)

4. Panduan Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab

5. Panduan Pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA).

Baca : Download Buku Panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Madrasah

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah ini dikembangkan dari Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional diSatuan Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Madrasah merupakan sekolah umum berciri khas agama Islam, hal ini berkonsekwensi apa yang diatur dalam pandauan Kemendikbudristek berlaku juga di madrasah, namun dengan beberapa adaptasi disesuaikan dengan karakteristik, kekhasan dan kebutuhan madrasah.

Nilai-nilai agama Islam diintegrasikan dalam penyusunan kurikulum untuk menumbuhkan jati diri dan kekhasan madrasah. Dengan demikian nilai-nilai agama menjadi warna dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak ketika menyikapi situasi pendidikan dengan kebijakan dan praksis pendidikan di madrasah.

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah ini memuat tentang; konsep kurikulum operasional madrasah, prinsip yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan dan komponen-komponen kurikulum operasional madrasah yang harus dipenuhi.

Ada 4 (empat) komponen kurikulum operasional untuk mengatur sistem pembelajaran yaitu;

1. analisis karakteristik madrasah,

2. penyusunan visi, misi dan tujuan Madrasah,

3. pengorganisasian pembelajaran dan

4. perencanaan pembelajaran dan proses berpikir.

Panduan kurikulum pada madrasah ini juga sudah diadaptasi dengan prinsip inklusifitas dalam layanan pendidikan di madrasah. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pendidikan Islam inklusif yang komitmen memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi dan setara untuk semua anak bangsa.

Sebagaimana maklum, bahwa Kurikulum Merdeka memberikan otonomi, kebebasan dan keluwesan kepada madrasah dalam mengatur praktik pendidikan, agar berani melakukan kreasi, inovasi dan terobosan dalam memajukan madrasah.

Kehadiran panduan ini diharapkan dapat menginspirasi madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Madrasah. Sebagai inspirasi tentu tidak rigit dan kaku. Madrasah diberi keleluasaan untuk melakuan kreasi dan inovasi kurikululum untuk mengakomodir karakteristik, kekhasan, kebutuhan dan visi-misi madrasah.

Madrasah didorong berani melakuan kreasi dan inovasi tanpa menunggu harus lengkap dan sempurna demi memberikan layanan terbaik kepada peserta didik madrasah. Diharapkan madrasah berani melakukan perubahan baik manajemen maupun pembelajaran di kelas.

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah  selengkapnya tersdapat dalam tautan berikut ini.

 

Download

Demikian tentang Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah. Demoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan