Download Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar
Tutorilmu.id. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah Dasar (SD) dengan tujuan dapat menjadi dasar pengembangan layanan BK yang dapat menjadi inspirasi layanan BK yang akan dilaksanakan.
Model inspiratif ini merupakan model layanan BK yang dapat mencapai capaian hasil belajar siswa secara holistik, baik dari segi kompetensi kognitif maupun nonkognitif (karakter) dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.
Harapannya, melalui model inspiratif layanan BK, peserta didik mampu mengaktualisasikan dirinya dan menceriminkan profil pelajar Pancasila seutuhnya.
Baca : Panduan Bimbingan Konseling BK pada Kurikulum Merdeka
Tujuan
Model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling ini secara umum bertujuan untuk memberikan inspirasi pada satuan pendidikan dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan dasar.
Sedangkan secara khusus, model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling bertujuan sebagai berikut,
1. Memberikan panduan bagi guru bimbingan dan konseling di sekolah reguler dan pendidikan khusus, dinas pendidikan, pemerintah daerah, institusi terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan pemerhati pendidikan.
2. Meningkatkan kemampuan guru Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikan dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling dan memahami perkembangan peserta didik.
Ruang Lingkup
Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dengan lingkup bahasan sebagai berikut.
Bab I : Pendahuluan dijelaskan apa yang menjadi pengantar dan tujuan perlunya model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dasar ini.
Bab II : Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar berisi uraian tentang gambaran bagaimana Bimbingan dan Konseling di SD yang dimulai dengan penjelasan pengertian dan karakteristik, karakteristik peserta didik, Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, dan perencanaan program Bimbingan dan Konseling.
Bab III : Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling di SD, berisi tentang keterkaitan Bimbingan dan Konseling dengan program kurikulum dan pembelajaran di Satuan Pendidikan, mekanisme dan koordinasi layanan Bimbingan dan Konseling di SD, rancangan dan implementasi layanan bimbingan dan konseling di SD
Bab IV : Monitoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut.
Bab V : Penutup lebih menggambarkan keseluruhan isi model ini.
Lampiran-lampiran
Baca : Tugas dan Fungsi Guru Bimbingan Konseling (BK) di Sekolah
Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.
Demikian Link download Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar, Semoga bermanfaat.