Filosofi Logo Hari Pahlawan Tahun 2023

Filosofi Logo Hari Pahlawan Tahun 2023

Tutorilmu.id. Setiap tanggal 10 November, seluruh bangsa Indonesia akan memperingati sebuah hari bersejarah, yaitu Hari Pahlawan. Pada tahun 2023 ini, bangsa Indonesia kembali akan memperingati hari bersejarah tersebut.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan dilatarbelakangi atas kejadian Pertempuran Surabaya pada tanggal dan bulan yang sama tahun 1945.

Peristiwa Pertempuran Surabaya adalah sebuah simbol kekuatan dan perlawanan atas hak kemerdekaan Indonesia yang hendak direnggut kembali oleh tentara Britania Raya dan Belanda tiga bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan sebagai negara.

Atas kesenonohan penjajah yang tidak menghormati kedudukan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maka para pahlawan kita bersatu dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia untuk memukul mundur penjajah dengan menyuarakan penolakan atas invasi yang dilakukan pasukan penjajah di tanah Surabaya dan beberapa daerah lainnya di Indonesia

Sebuah peristiwa yang terkenal pada Pertempuran Surabaya diantaranya adalah pidato Bung Tomo yang menggetarkan “Merdeka atau Mati”.

Peristiwa ini kemudian menginspirasi dan menjadi momen bersejarah sehingga pemerintah Indonesia mengukuhkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2023 adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini mengajak kita untuk merenungkan peran pahlawan-pahlawan dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik. Mereka tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan fisik, tetapi juga untuk kemerdekaan intelektual dan ekonomi.

Logo Hari Pahlawan Tahun 2023

Logo Hari Pahlawan Tahun 2023 secara resmi telah dipublikasikan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kementerian Sosial RI mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk memperingati dan menghormati jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan negara kita melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023.

Logo Hari Pahlawan yang telah ditetapkan ini sebagai atribut untuk memeriahkan pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan tahun 2023.

Logo Hari Pahlawan Tahun 2023 selanjutnya akan menjadi branding rangkaian kegiatan peringatan hari bersejarah nasional tersebut.

Visualisasi logo Hari Pahlawan Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

Logo Hari Pahlawan 2023

Filosofi Logo Hari Pahlawan Tahun 2023

Berikut ini adalah filosofi yang terkandung di dalam logo Hari Pahlawan Tahun 2023.

Tema dan Logo Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan

Tema dan Logo Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 Saling Merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Tema dan Logo Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 Anyaman Bambu

Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.

Materi dan Pedoman Identitas Visual Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 dapat di unduh di sini.

Demikian filosofi logo peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *