Indikator Rapor Pendidikan di Pengelolaan Kinerja

Indikator Rapor Pendidikan di Pengelolaan Kinerja

Tutorilmu.id. Guru memulai Pengelolaan Kinerja dengan menyusun Perencanaan Kinerja sebagai langkah awal. Pada tahap ini,  Guru melakukan pemilihan indikator Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran yang relevan untuk menjadi fokus peningkatan kinerja.

Pemilihan indikator ini dapat merujuk pada rekomendasi Indikator yang direkomendasikan melalui Rapor Pendidikan di Satuan pendidikan, mencakup aspek-aspek kritis dari proses pembelajaran.

Guru juga memiliki fleksibilitas untuk memilih indikator lainnya yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan spesifik satuan pendidikan. Keseluruhan, keterkaitan antara Indikator Rapor Pendidikan dan Pengelolaan Kinerja membantu membimbing Guru dalam merencanakan strategi peningkatan kinerja yang efektif.

Apabila Guru memilih Indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, Guru akan diberikan Indikator D1 Kualitas Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan. Sementara itu, jika Kepala Sekolah memilih indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, Kepala Sekolah akan diberikan Indikator D3 Kepemimpinan Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan.

Indikator D1 Kualitas Pembelajaran memiliki 8 9delapan) turunan Sub Indikator dalam Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, mulai dari Keteraturan Suasana Kelas hingga Instruksi Pembelajaran. Guru hanya dapat memilih satu sub indikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Peningkatan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Indikator D3 Kepemimpinan Pembelajaran memiliki 8 turunan Sub Indikator dalam Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, mulai dari Memandu Perencanaan Pembelajaran hingga Refleksi Progam Pengembangan Kompetensi Guru. Kepala Sekolah hanya dapat memilih satu sub indikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Penglolaan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Apa itu Dimensi Prioritas ?

Indikator D1 Kualitas Pembelajaran memiliki pasangan Indikator Akar Masalah atau pada tampilan di bawah adalah Dimensi Prioritas. Dimensi Prioritas ini mencakup faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil capaian dari Indikator Prioritas tersebut. Guru dapat merujuk pada informasi di bawah ini untuk memahami lebih lanjut tentang Indikator Akar Masalah atau Dimensi Prioritas, mulai dari Manajemen Kelas hingga Metode Pembelajaran.

Jika terdapat hasil yang kurang memuaskan pada lebih dari satu Dimensi Prioritas, Guru akan menerima rekomendasi Indikator yang berasal dari Rapor Pendidikan. Rekomendasi ini dirancang untuk memberikan panduan yang lebih spesifik dalam merinci aspek-aspek yang perlu diperbaiki dalam setiap Dimensi Prioritas.

Dengan adanya rekomendasi ini, Guru dapat lebih mudah mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian khusus dan merancang strategi perbaikan yang lebih terfokus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.

Baca : Tiga Tahapan Pengelolaan Kinerja Untuk Guru

Demikian indikator Rapor Pendidikan di Pengelolaan Kinerja. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *