Logo Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kemenag dan Filosofinya

Logo Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kemenag dan Filosofinya

Tutorilmu.id. Berikut ini adalah logo Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) RI tahun 2024 dan filosofinya,

Kementerian Agama Republik Indonesia telah merilis logo Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI Tahun 2024.  Logo Hari Amal Bhakti menjadi bagian penting dalam peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI yang ke-78 pada tahun 2024.

Logo Hari Amal Bhakti HAB ke-78 Kementerian Agama selanjutnya akan digunakan sebagai identitas tunggal pada berbagai materi publikasi seluruh kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti Tahun 2024.

Puncak acara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI yang ke-78 adalah pada Rabu, 3 Januari 2024 yang ditandai dengan Upacara Bendera di seluruh satuan kerja Kementerian Agama pusat dan daerah sesuai ketentuan.

Penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956 tanggal 1 Maret 1956 menetapkan bahwa hari kamis tanggal 3 Januari 1946 adalah hari berdirinya Departemen Agama.

Akan tetapi, sejak 3 Januari 1980 pada Peringatan Hari Ulang Tahun Departemen Agama ke-34 diubah penyebutannya menjadi Hari Amal Bhakti Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama RI).

Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia merupakan peristiwa penting bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama.

Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI setiap tanggal 3 Januari, merefleksikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

Tujuan yang paling penting dari setiap peringatan Hari Amal Bhakti adalah untuk menggugah kembali tekad seluruh jajaran Kementerian Agama agar meneruskan amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia.

Sebutan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI mengandung konotasi bahwa lahir dan hadirnya Kementerian Agama RI merupakan salah satu rentetan konsensus nasional mengenai dasar dan ideology Negara, yaitu Pancasila.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat diikuti oleh Satuan Kerja daerah pada Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama RI.

1. Ziarah ke makan Pahlawan dan Para Pendahulu Kementerian Agama oleh seluruh Kanwil dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

2. Bhakti Sosial (santunan anak yatim piatu dan donor darah kerjasama dengan DWP dan Palang Merah Indonesia)

3. Kegiatan olahraga

4. Malam Tasyakuran Hari Amal Bhakti ke-78

Tema Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama RI tahun 2024 adalah Indonesia Hebat Bersama Umat. Tema ini sejalan dengan potret kondisi kehidupan keagamaan di Indonesia sangat dinamis sebagai salah satu potensi besar dalam keberagaman.

Diperlukan upaya untuk meningkatkan nilai-nilai kerukunan untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang lebih toleran dan damai. Kerukunan umat beragama, sebagai bagian penting kerukunan nasional menuju Indonesia Hebat.

Logo HAB ke-78 dan Filosofinya

Berikut ini adalah logo utama dari peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2024.

Logo Hari Amal Bhakti Ke-78

Filosofi logo HAB ke-78 Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

Terus Melaju

Bergerak progresif terus melaju bermanfaat bagi sesama.

Batik Kawung

Lambang terjadinya kehidupan manusia. Harapannya agar manusia tidak melupakan asal usulnya.

Bersatu Berdampingan

Saling gotong royong membantu sesama dan saling menguatkan.

Kekuatan

Menggambarkan sebuah lengan yang kuat. Bisa menjadi landasan kita untuk menjadi insan yang hebat.

Pancasila

Memiliki ideologi yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Pemilihan Warna

Hijau

Warna hijau merupakan lambang dari ketenangan, kedamaian, dan kesegaran. Warna hijau dapat digunakan untuk memengaruhi manusia, baik secara fisik maupun mental, karena dianggap mampu mengurangi rasa cemas dan emosi.

Ungu

Ungu juga mewakili kebijaksanaan dan spiritualitas yang langka dan misterius, mungkin membuat warna yang satu ini berhubungan dengan hal-hal supranatural. Warna ungu juga memiliki sifat artistik, bijsaksana, dan intuitif. Mereka dianggap senang memikirkan masalah spiritual dan makna hidup.

Logo Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-78 Tahun 2024 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Baca :

Demikian logo Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-78 Tahun 2024 dan filosofinya. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *