Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Kombel)

Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Kombel)

Tutorilmu.id. Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Kombel) telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek.

Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar ini memuat hal-hal pokok yang perlu diketahui oleh pemangku kepentingan terkait dengan pengelolaan komunitas belajar yang dapat dijadikan sebagai acuan bersama.

Kontribusi belajar, terutama komunitas belajar dalam sekolah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam proses belajar guru (pendidik) dan tenaga kependidikan dan diyakini dapat berdampak [ada peningkatan kualitas pembelajaran murid.

Komunitas belajar dalam sekolah dilakukan dengan siklus inkuiri berpusat pada murid, yang diawali dengan refleksi awal tentang pembelajaran murid, perencanaan pembelajaran untuk  murid, implementasi pada murid, dan evaluasi terhadap hasil implementasi untuk dapat direfleksikan hasilnya terhadap proses pembelajaran murid.

Proses belajar guru (pendidik) dan tenaga kependidikan dalam komunitas belajar diharapkan tidak hanya terjadi di dalam sekolah, tetapi juga terjadi secara rutin di komunitas belajar antar sekolah.

Di dalam komunitas belajar antar sekolah, para guru (pendidik) dan tenaga kependidikan lintas satuan pendidikan belajar bersama, memecahkan masalah atau tantangan belajar yang dihadapi di kelas atau pun di satuan pendidikan.

Sejalan dengan komunitas belajar dalam sekolah, komunitas belajar antar sekolah juga berfokus pada pembelajara murid, sehingga kegiatan belajar dalam komunitas juga diawali dengan diskusi tentang kondisi belajar murid, melakukan perencanaan bersama untuk diimplementasikan di satuan pendidikan masing-masing, serta diakhiri dengan evaluasi bersama terhadap hasil implementasi untuk meningkatkan layanan kepada murid,

Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Kombel)
Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar

Sebagai acuan belajar dalam komunitas diperlukan panduan, baik untuk satuan pendidikan maupun pemangku kepentingan terkait. Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar merupakan pembaharuan dari panduan sebelumnya, yaitu Petunjuk Awal Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah (2022).

Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar ini memuat penjelasan yang lebih komprehensif tentang langkah-langkah membangun komunitas belajar yang berdampak pada hasil belajar murid.

Tujuan

Tujuan Panduan Optimalisasi Kombel ini adalah sebagai berikut.

1. Sebagai acuan bagi GTK dalam merancang, melaksanakan, dan merefleksikan komunitas belajar.

2. Sebagai acuan bagi pemangku kependingan terkait, seperti yayasan, dinas pendidikan (provinsi, kabupaten/kota), pemerintah daerah, BBGP/BGP, BPMP. BBPPMPV (vokasi), dan mitra pembangunan dalam mendukung tercapaianya tujuan komunitas belajar.

Sasaran

Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar ini ditujukan secara khusus kepada GTK sebagai penyelenggara komunitas belajar. Selain itu, panduan ini juga ditujujan kepada pemerintah pusat sekaligus pemangku kepentingan terkait, seperti pemerintah daerah, BBGP/BGP, BPMP. BBPPMPV (vokasi), dan mitra pembangunan, praktisi pendidikan, yayasan, dan entitas peduli pendidikan sekolah lainnya.

Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Kombel) selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Baca :

Demikian Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Kombel). Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *