Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024

Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024

Tutorilmu.id. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek telah menerbitkan Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang SMP Tahun 2024.

Gala Siswa Indonesia (GSI) adalah sebuah ajang talenta di bidang Olahraga yang diselenggarakan untuk peserta didik SMP. Ajang GSI diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi.

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek
penyelenggaraan ajang GSI kepada para panitia, peserta didik, guru, wasit, perangkat pertandingan, pelatih, ofisial, tim pemandu bakat, dan pihak terkait lainnya.

Latar Belakang

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Sekretariat Jenderal berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan melaksanakan Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun 2024 mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Koordinasi 2 (dua) instansi ini menjalankan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. GSI merupakan wadah bagi para peserta didik dalam menumbuhkembangkan bakat dan minat dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah.

Dukungan dan fasilitasi dari para stakeholder mulai dari Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) atau Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP), Asosiasi PSSI Provinsi (Asprov), Asosiasi PSSI Kabupaten/Kota (Askab/kota) dan instansi terkait lainnya sangat menentukan keberhasilan kegiatan ini.

Berdasarkan data kepesertaan seleksi dan partisipasi GSI pada tahun 2023, melibatkan sebanyak 35 provinsi, 241 kabupaten/kota, 3.415 sekolah, dan 42.136 peserta didik. Pada pelaksanaan GSI tahun 2024 ini, diharapkan dapat menjaring lebih banyak talenta pemain sepak bola dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sepak bola Indonesia.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia menerbitkan Pedoman Pelaksanaan GSI Tahun 2024 sebagai acuan penyelenggaraan oleh panitia, peserta didik, guru, wasit, perangkat pertandingan, pelatih, ofisial, tim pemandu bakat, dan pihak terkait lainnya.

Dasar Hukum

Dasar hukum diterbitkannya Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 166, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4916).

3. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

4. Undang-undang Nomort 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010.

6. Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 156).

7. Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres-RI) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 27 tahun 2021 tentang Organisasi dan tata kerja Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

11. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

12. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Balai Pengembangan Talenta Indonesia Tahun 2024.

Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024
Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024

Tujuan

Berikut ini tujuan dari pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024

1. Upaya penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik.

2. Menumbuhkan profil pelajar pancasila: (a) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, (b) kebhinekaan global, (c) bergotong royong, (d) kreatif, (e) bernalar kritis dan (f) mandiri.

3. Mengembangkan minat dan bakat peserta didik terhadap olahraga sepakbola.

4. Menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.\

5. Meningkatkan kecakapan peserta didik dalam kolaboratif dan kooperatif.

6. Meningkatkan semangat peserta didik menjaga kesehatan jasmani.

7. Meningkatkan kecintaan dan apresiasi peserta didik terhadap cabang olahraga sepakbola.

8. Menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik.

Sasaran

Sasaran GSI Tahun 2024 adalah seluruh peserta didik Putra jenjang SMP di Indonesia yang terdaftar dalam DAPODIK per 31 Desember 2023, meliputi:

1. Sekolah Menengah Pertama Negeri;

2. Sekolah Menangah Pertama Swasta;

3. Sekolah Menengah Pertama Terbuka; dan

4. SMP Satu Atap.

Tema

Tema GSI tahun 2024 adalah “Merdeka Berprestasi, Talenta Sepakbola Menginspirasi”.\

Ruang Lingkup

1. Pedoman Pelaksanaan GSI sebagai acuan pelaksanaan GSI tahun 2024 yang dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab.

2. Panitia pelaksanaan GSI tingkat kecamatan dan kabupaten/kota tahun 2024 adalah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Asosiasi Kabupaten/Kota PSSI, MGMP PJOK.

3. Panitia pelaksanaan GSI tingkat provinsi adalah Dinas Pendidikan Provinsi berkoordinasi dengan Asosiasi Provinsi PSSI, MGMP PJOK, Balai Penjamin Mutu Pendidikan atau Balai Penjamin Mutu Pendidikan.

4. Panitia pelaksana GSI tingkat nasional tahun 2024 adalah Balai Pengembangan Talenta Indonesia berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

5. Jangkauan wilayah pelaksanaan GSI tahun 2024 adalah seluruh peserta didik dalam lingkup 38 provinsi di Indonesia.

6. Pelaksanaan GSI tahun 2024 adalah kompetisi sepakbola antar peserta didik jenjang SMP yang dilaksanakan bertingkat dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat nasional bekerjasama dengan PSSI sesuai dengan tingkatannya.

7. Pengawasan kompetisi dilakukan oleh orang tua, pelatih, ofisial, MGMP PJOK, tim pemandu bakat, tim keabsahan, panitia pusat, dan bantuan teknologi.

8. Penilaian dilakukan oleh tim pemandu bakat yang memiliki kewenangan dalam menetapkan peserta yang terpilih oleh penyelenggara pada masing-masing tingkatan seleksi.

9. Hasil penilaian dari tim pemandu bakat selanjutnya ditetapkan dan diumumkan oleh penyelenggara pada masing-masing tingkatan kompetisi/seleksi.

Pengertian dan Batasan Umum

Berikut pengertian dan batasan umum di dalam Pedoman GSI SMP Tahun 2024.

1. GSI adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, bersifat kompetisi pada cabang olahraga sepakbola antar peserta didik Putra jenjang SMP.

2. Lomba dilakukan secara onsite adalah lomba yang dilaksanakan secara tatap muka dan melaksanakan kompetisi/ seleksi sesuai dengan jenjang tingkatannya.

Penyelenggaraan

Pelaksanaan GSI Putra 2024 terdiri dari empat tingkatan yaitu:

1. Tingkat Kecamatan;

2. Tingkat Kabupaten/Kota;

3. Tingkat Provinsi; dan

4. Tingkat Nasional.

Regulasi

Di dalam pelaksanaan GSI SMP 2024 terdapat Regulasi pertandingan yang menjadi pedoman. Regulasi harus dipatuhi dan diikuti oleh panitia penyelenggara dan peserta di setiap jenjang seleksi/kompetisi sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan panitia GSI bekerja sama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).  Regulasi pertandingan GSI 2024 mengacu kepada FIFA Law’s of The Game (LOTG) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Jadwal pendaftaran dan seleksi GSI tahun 2024 ini disusun untuk memastikan pelaksanaan dilaksanakan secara bersamaan dalam rentang waktu yang ditetapkan sesuai tingkatan wilayahnya, sebagai berikut.

*) jadwal dapat berubah menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, jika terdapat perubahan akan disosialisasikan.

Mekanisme Pelaksanaan

Pelaksanaan GSI 2024 dapat dilakukan dengan 2 (dua) mekanisme yaitu mekanisme kompetisi dan mekanisme pertandingan internal, disesuaikan dengan kondisi penganggaran daerah masing-masing.

1. Mekanisme Kompetisi

Mekanisme kompetisi adalah pemanduan bakat yang diselenggarakan melalui sistem pertandingan antar tim guna menghasilkan tim/peserta terbaik yang akan mewakili daerah tersebut ke tingkat selanjutnya.

Di dalam pelaksanaan kompetisi, dinas pendidikan berkoordinasi dengan asosiasi PSSI disetiap tingkatan yang diselenggarakan untuk menentukan atau memilih peserta perwakilan daerah.

2. Mekanisme Pertandingan Internal

Mekanisme pertandingan internal adalah pemanduan bakat yang diselenggarakan melalui permainan sederhana antar tim guna menghasilkan peserta terbaik yang akan mewakili daerah tersebut ke tingkat selanjutnya.

Di dalam pelaksanaan seleksi, dinas pendidikan berkoordinasi dengan asosiasi PSSI disetiap tingkatan yang diselenggarakan untuk menentukan atau memilih peserta perwakilan daerah.

Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Pedoman lomba yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek untuk jenjang SMP/MTs tahun 2024 lainnya dapat di unduh pada tautan berikut,

Demikian Pedoman Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2024. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *