Pedoman (Juknis) O2SN SMA MA Tahun 2024

Pedoman (Juknis) O2SN SMA MA Tahun 2024

Tutorilmu.id. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek telah menerbitkan Pedoman (Juknis) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMA/MA/Sederajat Tahun 2024.

Pedoman O2SN jenjang SMA/MA/Sederajat Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang O2SN-SMA kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Latar Belakang

Pembinaan dan pengembangan olahraga di di setiap jenjang pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga.

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sederajat yang dilaksanakan setiap tahun.

O2SN-SMA merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) sesuai makna positif olahraga yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada
O2SN ini.

Selain itu, dalam rangka mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), O2SN-SMA tingkat nasional ke-XVII Tahun 2024 merupakan salah satu peran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi guna memajukan olahraga Indonesia dalam kancah Internasional pada perhelatan Olimpiade dunia. Ada 14 (empat belas) cabang olahraga unggulan yang diamanatkan dalam DBON, yaitu diantaranya atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

O2SN yang telah diselenggarakan lebih dari satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah, daerah, nasional, dan internasional sehingga dapat mewadahi talenta peserta didik khususnya dalam bidang pembinaan olahraga.

Dasar Hukum

Dasar hukum pelaksanaan O2SN jenjang SMA/MA/Sederajat Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.3. Undang-Undang No. 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

4. Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

5. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010.

6. Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

7. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 27 tahun 2021 tentang Organisasi dan tata kerja Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

11. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 28 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

12. Peraturan Menteri Pendidikan Pemuda dan Olahraga No. 6 Tahun 2022 tentang Peta jalan Desain Besar Olahraga Nasional Periode Tahun 2021-2024.

13. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Balai Pengembangan Talenta Indonesia Tahun 2024.\

Tujuan

Tujuan pelaksanaan O2SN-SMA Tahun 2024 yakni sebagai berikut.

1. Mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga.

2. Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah.

3. Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab.

4. Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga.

5. Menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air.

6. Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah di seluruh Indonesia.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari O2SN-SMA Tahun 2024 yakni sebagai berikut.

1. Adanya pewadahan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga.

2. Terpilihnya peserta didik terbaik dalam bidang olahraga, sebagai bibit unggul atlet pada tingkat wilayah tertentu.

3. Terbangun jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab.

4. Membudayakan peserta didik hidup sehat dan gemar olahraga.

5. Terbangun jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

6. Terjalinnya kesatuan dan persatuan antar peserta didik seluruh Indonesia melalui O2SN.

Logo dan Tema

1. Logo O2SN-SMA Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

2. Tema O2SN-SMA Tahun 2024

“Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi”

Sasaran

Sasaran pelaksanaan O2SN-SMA tahun 2024 adalah peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat dari seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Cabang Olahraga

Cabang olahraga yang diperlombakan/dipertandingkan pada O2SN-SMA tahun 2024 meliputi 5 (lima) cabang, yaitu sebagai berikut.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk penyelenggaraan O2SN-SMA tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Venue beserta kelengkapan untuk lomba.

2. Aplikasi lomba.

3. Jaringan internet.

4. Tenaga medis dengan perlengkapan dan ambulance.

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan O2SN-SMA Tahun 2024 direncanakan sebagai berikut.

Pedoman atau Petunjuk Teknis Olimpiade Olahraga Siswa Nasional jenjang SMA/MA/Sederajat Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Pedoman lomba yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek untuk jenjang SMA tahun 2024 lainnya dapat di unduh pada tautan berikut.

Baca :

Demikian Pedoman (Juknis) O2SN SMA MA Tahun 2024. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *