Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024

Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024

Tutorilmu.id. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek telah menerbitkan Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024.

Pedoman Ajang LIDM tahun 2024 diterbitkan untuk menjamin penyelenggaraan LIDM baik di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah hingga ke tingkat nasional agar dapat berjalan dengan baik.

LIDM-05/2024 ditujukan secara umum untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa. Tujuan khusus LIDM-05/2024 adalah mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital.

Sebagaimana pada tahun sebelumnya, LIDM-05/2024 memperlombakan 5 (lima) divisi karya-karya inovasi pendidikan dan pembelajaran, yaitu terdiri dari:

1. Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDV);

2. Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP);

3. Divisi Video Digital Pendidikan (VDP);

4. Divisi Poster Digital Pendidikan (PDV), dan

5. Divisi Microteaching Digital (MD).

Tujuan

Tujuan dari Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan literasi digital mahasiswa untuk mendukung peningkatan pendidikan di perguruan tinggi.

2. Menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam bidang pendidikan melalui penerapan teknologi digital.

3. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian mahasiswa untuk berkontribusi dalam pemecahan isu-isu nasional dan pencapaian pembangunan berkelanjutan melalui penerapan teknologi digital.

4. Menumbuhkembangkan talenta pendidik melalui ajang kompetisi talenta di bidang inovasi digital mahasiswa.

Tema dan Ruang Lingkup LIDM-05/2024

Kebijakan pendidikan nasional Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) mendorong pendidikan dan pembelajaran di semua jenjang pendidikan untuk lebih memberikan perhatian pada percepatan pencapaian kompetensi Abad-21 generasi muda bangsa untuk siap bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 dan turut berkontribusi dalam meraih hasil-hasil gemilang tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) hingga tercapai agenda pendidikan dunia pada 2030.

Melalui ajang kompetisi talenta nasional Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ke-5 Tahun 2024 (LIDM-05/2024) diharapkan mahasiswa Indonesia berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia berkualitas melalui penerapan teknologi digital untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga literasi digital dapat tumbuh dan berkembang di dunia pendidikan.

Dengan demikian, LIDM-05/2024 mengusung tema “Literasi digital untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia pendidik sebagai talenta nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru”.

Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024
Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024

Sasaran

Sasaran penyelenggaraan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 adalah seluruh mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi yang terdapat di Republik Indonesia, yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 tidak terbatas pada Perguruan Tinggi yang berada dalam lingkungan Kemendikbud Ristek.

Penyelenggara

Penyelenggara kegiatan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 adalah Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Perguruan Tinggi sebagai tuan rumah pelaksana.

Alamat Penyelenggara :

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI)
Jl. Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Website : https://bpti.kemdikbud.go.id/

Unsur Penyelenggara

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 diselenggarakan atas kerjasama/kolaborasi antara Balai Pengembangan Talenta Indonesia dengan Perguruan Tinggi.

Unsur penyelenggara Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 antara lain:

1. Panitia pusat dan panitia perguruan tinggi;

2. Tim Juri;

3. Penyedia aplikasi dan/atau platform lomba; dan

4. Tim pendukung (tim media dan publikasi, tim medis, dll)

Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Demikian Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Jadwal Pelaksanaan Lomba

Berikut adalah jadwal pelaksanaan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024.

Pelaksanaan lomba sejak tahap awal hingga seleksi/penyisihan menuju babak final dilaksanakan secara daring. Babak final dilaksanakan secara luring untuk seluruh tim peserta finalis.

Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Pedoman Ajang Talenta jenjang Pendidikan Tinggi Tahun 2024 yang diterbitkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia lainnya dapat di unduh pada tautan berikut.

Baca : Pengumuman Pelaksanaan Ajang Talenta Jenjang Pendidikan Tinggi Tahun 2024

Demikian Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *