Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023

Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023

Tutorilmu.id. Upacara bendera akan menjadi penanda puncak kegiatan peringatan hari Pahlawan Tahun 2023. Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023 tercantum di dalam Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023.

Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 dilaksanakan di Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga pada tanggal 10 November 2023 pukul 08.00 waktu setempat disesuaikan dengan kondisi masing-masing (pada Upacara Bendera tersebut Pembina Upacara membacakan Amanat Menteri Sosial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun
2023).

Adapun bagi Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga yang tidak menyelenggarakan upacara bendera dapat menyaksikan Upacara Ziarah Nasional di TMPN Utama Kalibata dengan Inspektur Upacara Pesiden RI melalui siaran TVRI atau Channel Resmi Kemensos RI.

Selain melaksanakan upacara, pemerintah mengimbau warga untuk melakukan pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah, kantor dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November 2023.

Seluruh warga juga diminta untuk melakukan Hening Cipta secara serentak selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2023 adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini mengajak kita untuk merenungkan peran pahlawan-pahlawan dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik. Mereka tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan fisik, tetapi juga untuk kemerdekaan intelektual dan ekonomi.

Hari Pahlawan diperingati sebagai penghormatan terhadap pahlawan-pahlawan yang telah memberikan kontribusi besar dalam sejarah negara, baik dalam pertempuran, perjuangan politik, atau dalam upaya mempertahankan nilai-nilai dan identitas bangsa.

Baca : Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2023

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023

Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023
Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023

Di dalam Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, disampaikan bahwa Upacara Hari Pahlawan 2023 dilaksanakan hari Jumat, 10 November 2023 mulai pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka atau menyesuaikan.

Sifat Upacara Hari Pahlawan 2023 adalah khidmat, tertib, dan sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Berikut ini adalah susunan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023.

a. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

b. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

c. Pengibaran bendera Merah Putih, diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.

d. Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.

e. Pembacaan Pancasila.

f. Pembacaan Pembukaan UUD’45.

g. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan (ditentukan panitia).

h. Amanat Pembina Upacara.

i. Pembacaan Do’a.

j. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

k. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

l. Upacara selesai.

Catatan :

Apabila Upacara terpaksa tidak dapat dilaksanakan di lapangan terbuka, pengibaran Bendera Merah Putih diganti dengan Bendera Merah Putih yang sudah dipasang di tiang. Namun pokok-pokok acara lainnya wajib diikuti dengan penyesuaian seperlunya dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Demikian Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *