Pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Maju  Angkatan 2 (Reguler)

 Pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Maju  Angkatan 2 (Reguler)

Tutorilmu.id Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan Pedoman Beasiswa Indonesia Maju untuk Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler).

Peserta didik berprestasi dapat mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 pada perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri.

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yaitu merupakan program beasiswa yang di berikan kepada peserta didik/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. Beasiswa Indonesia Maju  yaitu terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non gelar (non degree).

Baca : PIP Madrasah Tahap 1 Tahun 2022 Mulai Dicairkan

BIM merupakan program beasiswa tidak hanya untuk peserta didik yang berprestasi secara akademik. Namun juga sebagai bagian dari manajemen talenta nasional untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Pemberian BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 yaitu kepada peserta didik kelas XI tahun ajaran 2021/2022 pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada beberapa bidang berikut.

1. Bidang Sains, Riset, Teknologi dan Inovasi.

2. Bidang Seni, Literasi, dan Bahasa.

3. Bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani.

4. Bidang Vokasi dan Kewirausahaan.

Prestasi tersebut dapat berasal dari ajang talenta yang terselenggarakan/difasilitasi oleh Puspresnas maupun dari ajang dan non-ajang talenta dari luar Puspresnas.

Pedoman ini berlaku untuk BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler), yaitu program yang diluncurkan untuk mendukung dan mempersiapkan peserta didik berprestasi untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Perguruan Tinggi Luar Negeri tahun akademik 2023/2024.

Latar Belakang

  • Salah satu amanah Pembukaan UUD 1945 yaitu negara harus hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Salah satu pilar pembangunan Visi Indonesia 2045 (Bappenas:2018) yaitu pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK.
  • Rendahnya pemeringkatan Indonesia pada Global Talent Competitiveness Index(GTCI) tahun 2020 masih sangat dipengaruhi, antara lain oleh rendahnya kontribusi SDM unggul bangsa.
  • Peserta didik kelas XI jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus (SMA/SMK/MA/sederajat) pada tahun ajaran 2021/2022 yang berprestasi dan bertalenta.
  • Pengelolaan talenta hebat sehingga dapat bersaing secara global melalui kebijakan Manajemen Talenta Nasional (MTN).
  • Perlunya sebuah program fasilitasi karir belajar bagi peserta didik/lulusan bertaenta dan berprestasi.

Sasaran

Sasaran BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler) yaitu peserta didik kelas XI jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus (SMA/SMK/MA/sederajat) pada tahun ajaran 2021/2022 yang berprestasi dan bertalenta.

Kriteria dan Persyaratan

Berikut ini adalah kriteria dan persyaratan umum peserta yang berhak mengikuti BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler).

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Peserta didik kelas XI SMA/SMK/MA/sederajat pada tahun ajaran 2021/2022.

3. Memiliki prestasi pada ajang talenta dan/atau non-ajang talenta : 

a. untuk prestasi pada ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh Puspresnas*; memiliki prestasi tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu), dan/atau internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu), dan penghargaan khusus yang diperoleh selama tiga (3) tahun terakhir;

b. untuk prestasi pada ajang yang tidak diselenggarakan dan/atau tidak difasilitasi oleh Puspresnas: memiliki prestasi tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu) dan/atau internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu), dan penghargaan khusus yang diperoleh selama tiga (3) tahun terakhir dari ajang yang telah dikurasi oleh Puspresnas;

c. Untuk prestasi non-ajang talenta: memiliki prestasi yang telah dikurasi oleh Puspresnas.

4. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon pemimpin masa depan bangsa.

5. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lainnya dengan peruntukan komponen biaya yang sama.

6. Memiliki kefasihan berbahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya sesuai dengan Negara tujuan studi.

7. Bagi penyandang disabilitas wajib menyertakan jenis kekhususannya dari spesialis atau dokter ahli yang sesuai dengan ketunaannya.

8. Mengisi prol diri pada formulir pendaftaran online pada laman pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/

Dokumen Persyaratan

Adapun dokumen yang wajib dilampirkan sebagai bukti pemenuhan kriteria dan persyaratan
adalah sebagai berikut.

1. Salinan identitas diri KTP/KK/Paspor.

2. Salinan Kartu Pelajar/Surat Keterangan Pengganti Kartu Pelajar.

3. Salinan transkrip nilai rapor kelas X semester I hingga semester terbaru di kelas XI.

4. Salinan bukti prestasi berupa:

a. untuk prestasi pada ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh Puspresnas: salinan sertikat/piagam pemenang/surat keputusan yang dikeluarkan oleh Puspresnas;

b. untuk prestasi pada ajang yang tidak diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh Puspresnas: wajib melakukan kurasi prestasi pada laman http://kurasipusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/.

c. Untuk prestasi non-ajang talenta: wajib melakukan kurasi prestasi pada laman http://kurasi-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/

d. Salinan hasil tes bahasa Inggris berupa:

  • Salinan hasilDuolingo English Test (berdurasi 15 menit dan gratis) pada link https://englishtest.duolingo.com/ (lihat lampiran); atau
  • Salinan hasil sertikat tes resmi TOEFL, IELTS atau Duolingo English Test.

5. Salinan hasil sertikat bahasa asing lainnya sesuai dengan negara tujuan studi (di luar bahasa Inggris) (opsional).

6. Surat Pernyataan kesanggupan mengikuti program BIM yang sudah ditandatangani di atas
materai Rp10.000.

7. Surat Persetujuan Orang Tua/Wali untuk mengikuti program BIM yang sudah ditandatangani
orang tua/wali di atas materai Rp 10.000.

8. Esai pendaftaran BIM dalam bahasa Inggris.

Tahapan dan Komponen BIM

Pelaksanaan Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 2 (Reguler) dibagi menjadi dua tahap, yaitu  Tahap Persiapan S1 Luar Negeri dan Tahap Kuliah S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri.

1. Tahap Persiapan S1 Luar Negeri

Pada tahapan ini, penerima beasiswa akan mendapatkan pembinaan untuk membantu persiapan penerima beasiswa mendaftar di Perguruan Tinggi luar negeri terbaik dunia.

Pembinaan yang akan diberikan mencakup :

a. Program Pengayaan Akademik (Academic Enrichment Programs), terdiri dari :

  • Kursus Persiapan Tes TOEFL / IELTS/ Bahasa Asing Lainnya;
  • Kursus Persiapan Tes SAT / ACT;

b. Program Pengayaan Talenta Non-Akademik (Non-Academic Enrichment Programs);

c. Program Konseling Pendidikan Tinggi (College Counselling); dan/atau

d. Pembinaan Penguatan Karakter Kebangsaan

Pada akhir tahapan, penerima beasiswa akan mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) Tujuan yang telah ditetapkan oleh panitia Beasiswa Indonesia Maju.

2. Tahap Kuliah S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri

Peserta BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler) yang sedang dan/ atau telah menyelesaikan tahap persiapan maupun pembinaan, diperkenankan mendaftarkan diri pada perguruan tinggi luar negeri terbaik dunia.

Bagi peserta BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler) yang telah memperoleh LoA (Letter of Acceptance) dari PTLN. Tujuan otomatis mendapatkan akses untuk mengikuti seleksi Program Beasiswa S1 Luar Negeri.

Pada tahapan selanjutnya, Beasiswa S1 Luar Negeri akan di berikan dengan skema pendanaan penuh atau parsial untuk biaya pendidikan dan biaya penunjang pendidikan selama penerima beasiswa menempuh studi S1 luar negeri dengan masa studi normal (maksimal 4 tahun).

Pendanaan penuh atau parsial akan di tentukan berdasarkan kemampuan nansial orang tua/wali Penerima Beasiswa. Maka, panitia akan mengundang orang tua/wali yang di nilai mampu untuk berkontribusi pada pendanaan biaya studi S1 luar negeri Penerima Beasiswa.

Setelah menyelesaikan studi S1 Luar Negeri, Penerima Beasiswa wajib melaksanakan program pengabdian sesuai ketentuan BIM.

Pedoman Beasiswa Indonesia Maju untuk Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler) selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.

 

Download

Demikian Pedoman Beasiswa Indonesia Maju untuk Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler). Semoga bermanfaat.

Beasiswa Indonesia Maju, Beasiswa Indonesia Maju 2022, Beasiswa Kemendikbudristek 2022, Beasiswa S1 Luar Negeri, http://kurasipusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/, https://beasiswa.kemdikbud.go.id., Jadwal Beasiswa Indonesia Maju, Kurasi Talenta, Program Persiapan S1 Luar Negeri, Syarat Beasiswa Indonesia Maju

Tinggalkan Balasan