Pengertian Adjektiva : Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Adjektiva : Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Tutorilmu.id. Banyak unsur yang diperlukan dalam membentuk sebuah kalimat, seperti subyek, predikat, kata kerja, kata sifat, kata benda, kata keterangan, kata ganti, adjektiva atau kata sifat, dan masih banyak lainnya.

Semakin baik kemampuan berbahasa seseorang, khususnya dalam merangkai kalimat, semakin mudah orang lain memahami apa yang ingin disampaikan.

Dalam berkomunikasi, salah satu yang paling sering digunakan yaitu penggunaan adjektiva atau  kata sifat. Sangat penting memahami penggunaan adjektiva atau  kata sifat untuk berbahasa sehari-hari baik secara lisan maupun tulisan.

Baca : Sinonim atau Persamaan Kata :  Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Kata sifat atau adjektiva adalah kata yang menerangkan sifat, keadaan watak, serta tabiat orang/binatang/ benda. Kata sifat umumnya berfungsi sebagai predikat, objek dan penjelas subjek.

Pengertian Adjektiva

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adjektiva ata kata sifat adalah kata yang menerangkan nomina (kata benda) dan secara umum yang dapat bergabung dengan kata lebih dan sangat.

Pengertian kata sifat adalah kelas kata yang mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Kata sifat adalah kelas kata yang tidak hanya dapat menjelaskan atau menerangkan, tetapi juga mengubah dan menambah arti dari suatu benda. Hal inilah yang membuat suatu benda menjadi memiliki makna yang lebih spesifik.

Fungsi Adjektiva

Fungsi kata sifat adalah untuk menjelaskan sifat atau keadaan suatu objek. Objek ini bisa beragam, seperti manusia, binatang, tumbuhan, hingga benda-benda lainnya.

Fungsi kata yang lain adalah memberikan keterangan terhadap nomina atau pronomina dalam sebuah kalimat. Selain itu, jenis kata ini juga menjelaskan atau memberi keterangan kepada nomina atau pronomina,

Fungsi kata sifat atau adjektiva dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris juga berbeda. Dalam bahasa Indonesia, kata sifat dapat digunakan sebagai predikat di dalam kalimat bukan hanya sebagai keterangan.

Jenis Adjektiva

Jenis-jenis kata sifat yaitu:

a. Adjektiva bertaraf

Adjektiva bertaraf yaitu kata sifat yang memiliki tingkatan atau urutan atau ukuran. Dalam hal ini seperti halnya kata “dekat”, bertaraf = dekat, cukup dekat, sangat dekat, dekat sekali. Adjektiva bertaraf dibagi dalam beberapa kategori:
1. Pemberi sifat = bersih, indah, panas, dingin, aman, cocok
2. Sikap atau perilaku = bahagia, bangga, lembut, iba, kagum, rindu, sedih, yakin
3. Ukuran = berat, ringan, tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, kecil, tebal, luas
4. Waktu dan usia = lama, lambat, singkat, sering, jarang, larut, mendadak
5. Warna = merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu
6. Kuasa tenaga = kuat, lemah, segar, lesu, tegar
7. Jarak = jauh, dekat, akrab
8. Kesan = cantik, manis, tampan, wangi, bau, kasar, halus, lembut, manis, pahit, lezat, merdu

b. Adjektiva tidak bertaraf

Adjektiva tidak bertaraf yaitu kata sifat yang tidak memiliki tingkatan atau urutan atau ukuran. Contoh djektiva tidak bertaraf = buntu, mutlak, sah, tunggal, ganda, bulat, lonjong, lurus, bengkok, abadi

Contoh Kalimat

Penggunaan adjektiva atau kata sifat contohnya dalam kalimat yaitu:

  • Asmara memiliki paras yang cantik, ia juga memiliki sifat yang lembut.
  • Ibu membelikan tas kuning dan jilbab hitam untuk hadiah ulang tahun Farah.
  • Andi dan Bella telah sah menjadi sepasang suami dan istri.
  • Naura membeli sepeda mini baru
  • Para pemain bola memiliki fisik dan stamina yang bagus
  • Harga minyak saat ini sangat mahal

Demikian ulasan tentang Pengertian Adjektiva : Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan