Pengertian Media Komunikasi, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Media Komunikasi, Fungsi, dan Jenisnya

Tutorilmu.id. Salah satu kunci penting dalam bekerja sama adalah adanya komunikasi yang baik. Melalui komunikasi, dapat saling bertukat informasi dan berkoordinasi.

Komunikasi yang baik sangat didukung oleh adanya media komunikasi yang digunakan . Seiring perkembangan teknologi, seseorang bisa berkomunikasi kapanpun dan dimanapun mereka berada tanpa harus bertatap muka langsung.

Kehadiran media komunikasi yang semakin canggih telah membuat komunikasi menjadi lebih efektif. komunikasi yang baik juga sangat bermanfaat mulai dari ketika di dunia kerja dan bisnis maupun dalam kehidupan secara umum. 

Baca : Mengenal Berbagai Jenis Media Komunikasi

Media sendiri mumpunyai arti sarana atau saluran yang mendukung pesan bila komunikan jauh tempatnya atau banyak jumlahnya. Komunikasi bermedia juga komunikasi tidak lansung (indirect communication), dan sebagai konsekuensinya arus balik pun tidak terjadi pada saat komunikasi dilancarkan. Komunikator tidak mengetahui tanggapan komunikan pada saat ia berkomunikasi.

Komunikasi adalah cara bagaimana agar sebuah pesan dapat sampai dari pembawa pesan kepada penerimanya. 

Agar lebih memahami apa itu media komunikasi, mari telaah dahulu apa arti dari komunikasi itu sendiri. Berikut adalah pengertian media komunikasi dari beberapa ahli:

Pengertian Media Komunikasi

Media komunikasi yaitu suatu sarana atau alat  untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada publik, atau pengirim ke penerima. Panca indera yang menjadi mendominasi dalam media berkomunikasi adalah telinga dan mata.

Leslie J Briggs, menurut Briggs, media komunikasi adalah sebuah alat yang memiliki bentuk fisik untuk dapat digunakan dalam menyampaikan materi. Media komunikasi menurut Briggs dapat berupa televisi, komputer, gambar, video, grafik dan lain sebagainya.

Badusah, berpendapat bahwa media komunikasi merupakan perantara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar satu sama lain dengan menggunakan berbagai macam media, seperti media gambar, berita maupun media lain yang berguna untuk menyampaikan pesan serta pandangan pengirim pesan.

Media komunikasi bisa juga sebagai suatu sarana untuk memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan dalam penyampaian suatu informasi.

Sederhananya, media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang memiliki tujuan agar efisien dalam menyebarkan pesan atau informasi.

Fungsi Media Komunikasi

Media komunikasi sendiri memiliki beberapa fungsi. Menurut McNair, media komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut: 

1. Edukasi dan Pemberian Informasi.
Menyampaikan fakta-fakta yang ada kepada penerima informasi. Media juga berfungsi untuk menyampaikan norma, aturan, dan nilai kepada pengguna media. 

2. Corong Opini.
Masyarakat luas dapat menggunakan media komunikasi sebagai wadah untuk menyampaikan opini atau pendapat. 

3. Pengawas Kebijakan.
Media komunikasi menjadi sarana untuk mempublikasikan apa saja yang kebijakan dan praktek dari kebijakan yang diambil oleh sebuah lembaga pemerintahan. 

4. Pemantauan.
Media komunikasi juga berfungsi untuk memantau apa saja yang terjadi. Misalnya saja masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai perubahan iklim, bencana alam, atau informasi mengenai prosedur kesehatan dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis Media Komunikasi

Media komunikasi berdasarkan jenisnya  terbagi menjadi empat, antara lain yaitu:

1. Jenis Media Komunikasi Berdasarkan Saluran

  • Media Komunikasi Verbal
  • Media Komunikasi Nonverbal

2. Jenis Media Komunikasi Berdasarkan Cara Penyebaran

3. Jenis Media Komunikasi Berdasarkan Kehadiran Fisik

  • Media Komunikasi Siaran
  • Media Komunikasi Seluler
  • Komunikasi Elektronik
  • Media Komunikasi Tertulis

Demikian tentang Pengertian Media Komunikasi, Fungsi, dan Jenisnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *