Pengertian Propaganda, Unsur-Unsur dan Jenisnya

Pengertian Propaganda, Unsur-Unsur dan Jenisnya

Tutorilmu.id. Propaganda berasal dari bahasa latin propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan. Kata tersebut telah muncul di Congregatio De Propaganda Fide pada tahun 1622. ketika Paus Gregorius XV mendirikan organisasi yang memiliki tujuan mengembangkan serta  memekarkan agama Katolik Roma, baik di Italia ataupun negara-negara lainnya.

Propaganda sendiri merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang sering individu ataupun kelompok gunakan sebagai media untuk menyebarluaskan suatu keyakinan atau doktrin.

Baca : Teks Persuasif : Pengertian, Ciri, Struktur, Kebahasaan, dan Contohnya

Propaganda juga sering menjadikan suatu usaha untuk melakukan suatu komunikasi yang bersifat persuasif, dengan rencanakan untuk mempengaruhi adanya pandangan serta tingkah laku individu-individu agar nantinya dapat sesuai dengan keinginan dari propagandis.

Pengertian Propaganda

Secara umum propaganda adalah sebagai skema untuk mempropagandakan suatu doktrin atau tindakan kepada seseorang atau sekelompok orang yang penyebarannya melalui kata-kata, suara, iklan komersial, musik, gambar dan simbol-simbol lainnya.

Propaganda adalah suatu jenis komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi pandangan serta reaksi, tanpa memperdulikan tentang nilai benar atau tidak benarnya pesan yang ada di dalamnya. Propaganda berusaha untuk meyakinkan pendapat-pendapat tanpa perlu mengemukakan alasan-alasan terkait.

Menurut Drs. R. Roekomy Propaganda ialah usaha mempengaruhi orang lain berdasarkan faktor-faktor psikologis tentang sesuatu yang baru atau belum di akui kebenarannya agar terbuat sesuai dengan yang harapan.

Sedangkan menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro, Propaganda ialah suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara teliti untuk mengubah sikap, padangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah komunikator tetapkan.

Unsur-Unsur Propaganda

Ahli Komunikasi Santoso Sastropoetro menambahkan di dalam propaganda harus memenuhi beberapa unsur, yakni:

1. adanya komunikator
2. adanya komunikan
3. kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang hendak dicapai
4. pesan tertentu yang telah di”encode” atau dirumuskan sedemikian rupa agar mencapai tujuannya yang efektif, yaitu:

a. Merancang dan menyampaikan pesan sedemikian rupa sehingga dapat menumbuhkan perhatian komunikan dan mencapai tujuannya.

b. Menyampaikan pesan dengan menggunakan lambang-lambang yang komunikan dab pahami mengerti.

c. Sarana atau medium (media), yang tepat dan sesuai atau serasi dengan situasi komunikan. Memerlukan adanya pengetahuan komunikator terhadap communication habit dari komunikannya. Communication habit adalah suatu kebiasaan komunikan mengenai medium yang paling menyenangkan serta kegunaannya untuk menangkap pesan atau informasi melalui media massa.

d. Teknik yang seefektif mungkin, yang dapat memberikan pengaruh secepatnya serta mampu mendorong komunikan melakukan tindakan yang sesuai dengan keinginan atau pola yang komunikator tentukan.

e. Kondisi serta situasi yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan propaganda.

f. Tercapainya tujuan pada aspek kognitif, afektif, dan konatif untuk melakukukan propaganda pada kelompok sasaran.

Jenis Propaganda

1. White Propaganda
White propaganda adalah propaganda tertutup atau melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Di mana progandis tidak secara terang-terangan menyerang orang yang propagandis kenal.

2. Black Propaganda
Black propaganda adalah suatu propganda yang dilakukan secara terbuka dimana menyerang narasumber yang dikenai propaganda secara terang-terangan atau terbuka.

3. Grey Propaganda
Grey Propaganda adalah bentuk proganda yang belum diketahui pasti dari mana sumbernya maka dapat dengan menimbulkan sebuah keraguan.

4. Ratio Propaganda
Propaganda jenis ini lebih kepada perpaduan serta membuat nama yang terbaik, menawarkan sebuah hubungan persahabatan dan juga meningkatkan moral dari suatu perkara.

Demikian tentang Pengertian Propaganda, Unsur-Unsur dan Jenisnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.