Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Struktur, Kebahasaan, dan Jenisnya

Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Struktur, Kebahasaan, dan Jenisnya

Tutorilmu.id. jenis Teks prosedur adalah teks yang isinya petunjuk untuk melakukan sesuatu, termasuk urutan langkah-langkah dan struktur teks prosedur yang perlu, supaya tujuan yang diinginkan tercapai.

Seluruh tulisan dalam teks prosedur saling terkait satu sama lainnya, mulai dari awal hingga akhir. Selain itu, teks ini juga berisi keterangan-keterangan sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Dengan kata lain, tujuan dibuatnya jenis teks  prosedur adalah untuk memudahkan pembaca/ pendengar dalam melakukan sesuatu dengan benar sehingga hasil yang sesuai dengan keinginan.

Baca : Pengertian Teks, Jenis-jenis, dan Ciri-cirinya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “prosedur” diartikan sebagai tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Teks prosedur memiliki ciri khas yang membedakannya dengan teks lain.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri teks prosedur yang dapat membedakannya dengan teks lain, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Menggunakan kalimat imperatif/perintah
2. Terdapat panduan yang sesuai urutan
3. Menggunakan kata kerja aktif
4. Menggunakan konjungsi/kata hubung untuk menunjukkan urutan
5. Terdapat aturan dalam hal bahan atau kegiatan
6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat, dan cara
7. Terdapat penomoran beserta isi kegiatan  secara berurutan

Struktur Teks Prosedur 
Dalam penyusunannya, teks prosedur memiliki strukturberikut, yakni :

1. Judul

Judul pada teks prosedur sebagai suatu aktivitas atau kegiatan yang akan dibuat.

2. Kata pengantar

Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya memberikan penjelasan terkait tujuan dalam penyusunan teks prosedur. Hal ini juga bisa menginformasikan hasil akhir yang ingin di capai.

3. Material

Merupakan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan kegiatan tersebut. Bagian ini berisi informasi tentang alat/bahan dalam pelaksanaan kegiatan.

4. Langkah-langkah

Bagian ini menjelaskan tentang proses atau tahapan  demi mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan tujuan dari teks prosedur. Langkah-langkahnya harus secara berurutan. Selain itu, susunannya harus logis, sistematis, dan mudah pembaca pahami.

5. Penegasan Ulang/Kesimpulan

Bagian terakhir ini menjelaskan tentang simpulan dari suatu prosedur. Bagian ini bersifat opsional, yakni boleh ada dan boleh tidak ada dalam teks prosedur.

Kaidah Bahasa Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki teks kebahasaan sebagai berikut.

1. Kalimat imperatif/perintah

Kalimat imperatif merupakan kalimat yang berisi perintah, baik untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu (larangan). Karakteristik kalimat ini biasanya  penggunaan partikel –lah. Contoh : gunakanlah!, rebuslah!, dll.

2. Konjungsi temporal

Dalam teks prosedur banyakmenggunakan konjungsi temporal atau kata penghubung. Kata konjungsi atau penghubung menunjukkan waktu adanya sebuah kegiatan dan bersifat selanjutnya, kemudian, berikutnya, lalu dan setelah itu.

3. Verbal material dan tingkah laku

Verbal material adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik. Sementara itu, verbal tingkah laku merupakan tindakan dengan ungkapkan.

4. Partisipatif manusia

Partisipatif manusia merupakan semua manusia yang yang ikut serta dalam teks prosedur.

5. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan

Bilangan digunakan sebagai penanda urutan, sebab teks prosedur pada dasarnya berisi tahapan atau langkah untuk melakukan sesuatu secara runtut.

Jenis Teks Prosedur

Berikut jenis-jenis teks prosedur.

1. Teks Prosedur Sederhana

Dalam teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan kompor listrik.

2. Teks Prosedur Kompleks

Bagian teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembuatan SKCK.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya cara menggunakan smartphone.

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Bagaimana cara mengurus paspor? Berikut ini cara mengurus paspor dengan baik dan benar:

1. Pertama, datang ke kantor imigrasi! Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau kantor imigrasi terdekat.
2. Kemudian, beli formulir permohonan! Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan. Isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yang asli!
3. Selanjutnya, serahkan formulir permohonan tadi ke loket pendaftaran!
4. Setelah itu, ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari!
5. Jika sudah berfoto dan mengambil sidik jari, maka Anda sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
6. Setelah tahap wawancara usai, langkah berikutnya membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor. Minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai!
7. Pada tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita dapat datang lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu satu minggu paspor baru sudah selesai dan bisa diambil.

Demikian ulasan tentang Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Struktur, Kebahasaan, dan Jenisnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan