Pentingnya Rapor dan Kehadiran OrangTua Mengambil di Sekolah

Pentingnya Rapor dan Kehadiran OrangTua Mengambil di Sekolah

Tutorilmu.id. Pada tiap akhir semester, biasanya pihak sekolah memberi undangan kepada orang tua siswa untuk datang mengambil buku rapor anaknya.

Namun, terkadang ada saja alasan orang tua untuk tidak datang ke sekolah mengambilkan buku  rapor anaknya. Kesibukan orang tua menjadi alasan tidak dapat menghadiri acara tersebut.

Parahnya lagi, ada orang tua yang  menyuruh tukang ojek, pembantu, saudara lain, atau bahkan sama sekali orang tua tidak peduli dan tidak pernah mengambilkan buku rapor anaknya.

Namun, banyak  para orang tua yang datang dan tampak antusias mengikuti seluruh prosesi acara dari awal sampai akhir. Kesempatan tersebut juga orang tua gunakan untuk mengetahui perkembangan anaknya selama di sekolah.

Baca : Kurikulum 2013 : Tujuan,  Karakteristik, Penilaian, dan Materinya

Pihak sekolah melakukan kegiatan penilaian secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian (UH), penilaian tengah semester (UTS) dan penilaian akhir semester (PAS).

Hasil belajar siswa melalui kegiatan penilaian pihak sekolah laporkan secara tertulis kepada orang tua siswa dalam bentuk laporan hasil belajar atau sering di sebut rapor.

Fungsi Raport

 

Sudahkah orang tua mengetahui akan fungsi dari buku rapor? Terkadang setelah orang tua menerima buku rapor, ada yang kemudian hanya meletakkan begitu saja tanpa ada perenungan untuk menentukan langkah apa yang perlu dilakukan kemudian. Sebenarnya buku raport punya fungsi yang cukup penting. Berikut  adalah penjelasannya.

1. Dokumen tertulis siswa yang autentik

Buku rapor berfungsi sebagai dokumen tertulis autentik dari satuan pendidikan. Selain itu, buku rapor memuat data informatif, komunikatif dan komprehensif tentang siswa. Siswa perlu merawat buku raport dengan baik. 

2.Laporan dan pertanggungjawaban pihak sekolah

Hasil belajar siswa di sekolah perlu orang tua di rumah mengetahuinya. Oleh sebab itu buku rapor menjadi bahan laporan pihak sekolah kepada orang tua tentang proses dan hasil belajar siswa. 

3.Sebagai bahan administrasi bagi siswa

Buku rapor menjadi bukti sah bagi siswa dalam urusan dan keperluan tertentu. Misalnya, melanjutkan pendidikan, keikutsertaan dalam berbagai iven atau lomba, memperoleh beasiswa, dan lain sebagainya.

4.Bukti pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan penilaian digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan dokumen buku rapor. 

Pentingnya Kehadiran Orang Tua di Sekolah

Kehadiran orang tua dalam memenuhi undanga sekolah untuk penggambilan rapor juga mempunyai arti yang penting. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Silaturrahim

Suatu hal yang keliru jika orangtua merasa selesai dengan menitipkan anaknya ke sekolah kemudian tidak pernah datang ke sekolah untuk anaknya. Orangtua perlu silaturahim dengan guru dan sekolah, mengenal guru yang telah berjasa dengan mengajar anaknya. Dengan mengenal guru, terutama wali kelas, akan timbul jalinan komunikasi untuk kemajuan anaknya.

2. Mengetahui kondisi anak di sekolah.

Merupakan hal penting orangtua mengetahui informasi tentang anaknya di sekolah, apakah sesuai perilaku anak di rumah dengan di sekolah. Orang tua dapat informasi utuh dan sebenarnya, tentang anak ketika di sekolah, langsung dari pihak sekolah atau wali kelasnya. 

3. Bentuk perhatian orang tua kepada pendidikan anak

Dapat dibayangkan perasaan anak, jika orang tuanya tidak pernah datang mengambilkan rapor anaknya. Jadi datang mengambilkan raport merupakan bentuk perhatian orang tua kepada pendidikan anaknya.

4. Sinergi komunikasi orangtua dan sekolah

Komunikasi akan terjalin antara guru dan orang tua sehingga membantu dalam mengupayakan pendidikan yang tepat untuk anak.

Demikian ulasan mengenai pentingnya rapor dan kehadiran orang tua mengambil di sekolah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan