Peran Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Peran Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tutorilmu.id. Berikut ini adalah peran Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bersumber dari Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Revisi 2022

Keunggulan kurikulum merdeka  bukan semata karena akan menjadikan peserta didik lebih aktif, namun juga memahami pembelajaran dengan mudah. Selain itu, dengan menerapkan model tersebut, besar harapannya ikut menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila akan terlaksana secara optimal apabila Kepala Sekolah, Pendidik (Guru), dan Peserta Didik di dalam satuan pendidikan sebagai komponen utama pembelajaran dapat saling mengoptimalkan perannya.

 

Adapun peran Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebagai berikut.

Peran Kepala Sekolah

1. Membentuk tim projek dan turut merencanakan projek.

2. Membentuk tim projek profil dan turut merencanakan projek profil.

2. Mendampingi jalannya projek profil dan melakukan pengelolaan sumber daya satuan pendidikan secara transparan dan akuntabel.

3. Membangun komunikasi untuk kolaborasi antara orang tua peserta didik, warga satuan pendidikan, dan narasumber pengaya projek profil: masyarakat, komunitas, universitas, praktisi, dan sebagainya.

4. Mengembangkan komunitas praktisi di satuan pendidikan untuk peningkatan kompetensi pendidik yang berkelanjutan.

5. Melakukan coachingsecara berkala bagi pendidik.

6. Merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, dan mengevaluasi pengembangan aktivitas dan asesmen projek profil yang berpusat pada peserta didik.

Peran Pendidik (Guru)

Peran ini khususnya perlu diampu oleh pendidik yang menjadi Tim Fasilitator Projek.

1. Perencana projek – Melakukan perancangan tujuan, alur kegiatan, strategi pelaksanaan, dan asesmen projek secara berkelanjutan.

2. Fasilitator – Memfasilitasi peserta didik dalam menjalankan projek yang sesuai dengan minatnya, dengan pilihan cara belajar dan produk belajar yang sesuai dengan preferensi peserta didik.

3. Pendamping – Membimbing peserta didik dalam menjalankan projek, menemukan isu yang relevan, dan mengarahkan peserta didik dalam merencanakan aksi yang berkelanjutan.

4. Supervisor dan konsultan – Mengawasi dan mengarahkan peserta didik dalam pencapaian projek, memberikan saran dan masukan secara berkelanjutan untuk peserta didik, dan melakukan asemen performa peserta didik selama projek berlangsung.

5. Moderator – Memandu peserta didik dalam berbagai aktivitas diskusi.

Peran Peserta Didik

1. Mengasah komitmen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah disepakati.

2. Mengembangkan kemandirian untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki.

3. Melakukan refleksi secara konsisten dan berkelanjutan untuk memahami potensi diri dan mengoptimalkan kemampuan.

Demikian peran Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan