Perpustakaan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran
Tutorilmu.id. Apabila kita mendengar kata perpustakaan sekolah maka gambaran spontan yang muncul dalam pikiran kita adalah sebuah ruangan atau gedung yang dipakai untuk menyimpan buku.
Gambaran seperti itu tidaklah salah, karena kata “pustaka” memang berarti “buku”. Tetapi bila dikaji lebih mendalam gambaran itu masih jauh dari pemahaman yang tepat mengenai perpustakaan.
Perpustakaan sekolah tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanan, pemeliharaan, pengguna dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya.
Maka perpustakaan dapat kita artikan sebagai kesatuan unit kerja yang terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian pengembangan koleksi, pengolahan koleksi, bagian layanan pengguna dan bagian pemeliharaan sarana prasarana.
Baca : Pengertian Media Pembelajaran, Fungsi, dan Contohnya
Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan No.43 2007 “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para siswa sebagai penggunaannya.
Perpustakaan terdiri atas perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah/madrasah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus
Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada di lingkungan sekolah, bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan bertugas untuk melayani sivitas akademika sekolah tersebut.
Manfaat dan Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan dan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.
Berikut beberapa manfaat perpustakaan bagi sekolah.
1. Dapat menimbulkan kecintaan peserta didik tehadap membaca
2. Memperkaya pengalaman belajar peserta didik
3. Menanamkan kebiasaan belajar mandiri
4. Mempercepat proses penguasaan teknik membaca
5. Membantu perkembangan kecakapan berbahasa
6. Membantu peserta didik menyelesaikan tugas-tugas sekolah
7. Membantu pendidik menemukan sumber-sumber pelajaran
8. Membantu peserta didik, pendidik dan anggota staf dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolog
Fungsi Perpustakaan Sekolah
Beberapa fungsi perpustakaan sekolah sebagai berikut :
1. Fungsi edukatif
Perpustakaan sekolah menyediakan buku-buku baik fiksi maupun non fiksi. Adanya buku-buku tersebut dapat membiasakan peserta didik belajar mandiri. Selain itu, tempat ini dapat meningkatkan minat membaca siswa-siswa sehingga meningkatkan penguasaan teknik membaca.
2. Fungsi informatif
Perpustakaan menyediakan berbagai macam informasi baik tercetak, terekam dan koleksi lainnya yang dapat memberikan informasi atau keterangan pada pengguna fasilitas ini.
3. Fungsi tanggung jawab administratif
Dalam perpustakaan sekolah terdapat hal-hal yang peserta didik lakukan, seperti peminjaman dan pengembalian buku dan adanya tata tertib yang harus peserta didik patuhi. Semua itu selain melatih peserta didik ke arah tanggung jawab juga membiasakan untuk bersikap dan bertindak secara administratif.
4. Fungsi riset
Adanya bahan pustaka yang lengkap di dalam perpustakaan akan membantu peserta didik dan pendiidk dalam melakukan riset dengan mengumpulkan data-data atau keterangan yang mereka perlukan dengan cara membaca buku-buku yang tersedia.
5. Fungsi rekreatif
Siswa dapat menggunakan perpustakaan untuk memanfaatkan waktu senggang yang ada dalam menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani. Hal ini juga akan menunjang kegiatan kreatif sebagai hiburan yang positif.
Fungsi Perpustakaan Sebagai Media Belajar
Fungsi Perpustakaan Sebagai Media Belajar Secara umum media memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu:
1. Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Jika siswa tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke siswa.
2. Dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para siswa tentang suatu obyek,karena beberapa alasan
3. Memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungannya
4. Menghasilkan keseragaman pengamatan
5. Menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
6. Membangkitkan keinginan dan minat baru.
7. Membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
8. Memberikan pengalaman yang menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak
Demikian ulasan perpustakaan sekolah sebagai media pembelajaran. Semoga bermanfaat.