Persiapan Guru Sebelum Mengajar

Persiapan Guru Sebelum Mengajar

tutorilmu.id. Seorang guru tidak boleh mengajar dengan sembarangan. Merejka butuhkan persiapan-persiapan yang matang sebelummengajar siswa di kelas supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran  secara optimal.

Persiapan sebelum mengajar harus guru lakukan dengan teliti dan baik. Dalam hal ini seorang pendidik atau guru berperan sebagai fasilisator sekaligus motivator untuk siswanya dalam belajar di sekolah. 

Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bukan satu-satunya aktivitas yang harus Guru  lakukan sebelum mengajar.

Baca :  Sepuluh Alasan Bangga Menjadi  Seorang Guru

Ada beberapa aktivitas wajib yang harus guru lakukan supaya pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai dengan yang semua pihak harapkan.

Sebentar lagi sekolah akan mulai aktif dan  siswa kembali belajar di kelas seperti biasanya. Oleh karena itu, sebelum memulai pembelajaran, sangatlah penting untuk setiap guru melengkapi persiapan sebelum mengajar, di antaranya yaitu seperti berikut.

 

1. Kesehatan

Di saat pandemi Covid-19 ini, sangatlah penting untuk memperhatikan kesehatan. Terutama untuk setiap guru yang akan kembali mengajar di kelas. Dengan demikian kesehatan yang guru miliki harus sangat baik dan perhatikan pola makan serta minum supaya kuat.

2. Mental yang Kuat

Sebelum  kembali mengajar di kelas ada baiknya guru menyiapkan mental terlebih dahulu supaya tidak cemas berlebihan saat di kelas nanti dan kegiatan pembelajaran akan lancar.

3. Memahami karakter siswa

Mempelajari karakter siswa menjadi kegiatan penting bagi guru. Keberhasilan pembelajaran juga ditentukan oleh bagaimana karakter siswa dalam satu kelas. Dengan memahami karakter ini guru dapat menentukan bagaimana corak pembelajaran yang akan dijalankan.

4. Memahami kurikulum

Kurikulum merupakan pedoman utama bagi guru dalam menjalankan pembelajaran. Oleh sebab itu guru perlu membaca, mempelajari dan memahami isi kurikulum dengan baik. Hasil kegiatan ini dituangkan kedalam perangkat mengajar sehingga siap dioperasionalkan di ruang kelas.

5. Menyiapkan Materi dan Bahan Ajar

Menyiapkan materi dan bahan ajar yang tepat. Hal itu sangat berguna untuk membuat siswa menjadi lebih terarah saat pembelajaran berlangsung. 

6. Mereview Materi yang Akan Diajarkan

Mereview materi pembelajaran yang akan diajarkan. Hal ini termasuk merefleksi pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya sehingga jika ada kendala atau hambatan dapat segera dicarikan solusi atau diantisipasi.

7. Mentukan Tujuan Pembelajaran

Untuk melakukan suatu kegiatan, sudah seharusnya kita harus menentukan tujuan dari kegiatan tersebut. kembali meningkatkan minat siswa

Oleh karena itu, guru sangat berperan penting untuk kembali meningkatkan minat siswa dalam belajar. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberikan motivasi dan semangat yang tinggi.

8. Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan suatu rancangan pembelajaran yang akan dibuat oleh guru untuk menggambarkan langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas. RPP juga memuat kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode belajar yang akan diterapkan, media pembelajaran yang akan digunakan serta intrumen penilaian yang akan diberikan.

9. Media Belajar

Media belajar yang akan guru gunakan di dalam kelas berguna untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Ada baiknya guru menggunakan media belajar yang tidak melibatkan antar siswa di dalam kelas.

10. Merancang Strategi Pembelajaran

Strategi belajar berguna untuk membuat pembelajaran menjadi lebih asyik dan menaikkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu sangat penting untuk mempersiapkan strategi sebelum guru kembali mengajar di dalam kelas.

11. Merancang Metode Pembelajaran

Metode pembelajara guru gunakan untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran

12. Merancang Penilaian

Hal terakhir yang harus guru persiapkan yaitu bagaimana cara Anda untuk melakukan penilaian dari kegiatan pembelajaran di kelas. oleh karena itu guru harus membuat beberapa latihan soal untuk siswa supaya dapat melihat kemampuan mereka dalam pembelajaran tersebut.

Demikia ulasan tentang Persiapan Guru Sebelum Mengajar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan