Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) seputar Capaian Pembelajaran

Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) seputar Capaian Pembelajaran 

Tutorilmu.id Berikut ini adalah pertanyaan yang sering muncul (FAQ) seputar Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

FAQ Seputar Capaian Pembelajaran ini untuk menambah referensi pemahaman tentang capaian pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus murid capai pada setiap fase perkembangan, yaitu mulai dari fase Fondasi pada PAUD.

Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang tersusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. .

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi. Sedangkan Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A-F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga tersusun untuk setiap mata pelajaran.

Penyusunan Capaian Pembelajaran per fase merupakan upaya penyederhanaan, sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi.

Penyusunan Capaian Pembelajaran per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka.

Hal ini karena susunan Capaian Pembelajaran memperhatikan fase-fase perkembangan anak. Selain itu, penyusunan Capaian Pembelajaran per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan.

Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran, sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

Pertanyaan yang Sering Muncul FAQ Seputar Capaian Pembelajaran

Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) seputar Capaian Pembelajaran 
Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) seputar Capaian Pembelajaran

Apa yang dimaksud dengan Capaian Pembelajaran (CP)?

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran. Capaian Pembelajaran di PAUD didesain untuk membangun kesenangan belajar dan kesiapan bersekolah anak.

Apakah Capaian Pembelajaran (CP) menggantikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)?

Capaian Pembelajaran (CP) bukan pengganti SKL/STPPA. Dalam kerangka kurikulum, CP kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013.

Jika Capaian Pembelajaran (CP) setara dengan KI-KD, apakah SKL tetap menjadi acuan dalam mengukur kompetensi lulusan dari satuan pendidikan?

Ya, Standar Kompetensi Lulusan tetap menjadi acuan untuk mengukur kompetensi lulusan.

Mengapa Capaian Pembelajaran (CP) mengintegrasikan kembali keterampilan, pengetahuan, dan sikap?

Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak sepatutnya dipisahkan.

Mengapa Capaian Pembelajaran (CP) disusun per fase?

Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) per fase merupakan upaya penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi. Penyusunan CP per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka.

Hal ini karena CP disusun dengan memperhatikan fase-fase perkembangan anak. Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

Referensi apa yang bisa digunakan untuk mendukung implementasi Capaian Pembelajaran?

Kepala satuan pendidikan dan pendidik dapat menggunakan buku teks, buku panduan, dan modul ajar yang telah diterbitkan oleh Kemendikbudristek. Pada satuan PAUD, buku panduan guru terdiri dari buku panduan pengembangan pembelajaran, elaborasi masing-masing elemen CP, pengembangan pembelajaran berbasis buku cerita (untuk penguatan literasi dini), dan projek pengembangan profil pelajar Pancasila.

Apakah capaian akhir untuk setiap fase bisa berbeda-beda?

Pada setiap akhir fase, terdapat kompetensi yang sama yang harus dicapai oleh peserta didik, namun alur untuk mencapai akhir fase tersebut yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan belajar, karakteristik, dan perkembangan peserta didik yang beragam.

Jika hanya 1 capaian akhir per-fase maka, bagaimana peserta didik mengejar ketertinggalan?

Peserta didik mengejar ketertinggalan dengan cara guru menentukan strategi pembelajaran yang tepat berdasarkan hasil asesmen. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk guru, peserta didik, dan orang tua agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Apakah peserta didik akan selalu berada di fase yang sama untuk setiap mata pelajaran?

Peserta didik tidak selalu berada di fase yang sama untuk setiap mata pelajaran. Penetapan fase didasarkan pada hasil asesmen, seorang peserta didik mungkin saja berada di fase yang berbeda untuk beberapa mata pelajaran. Penyesuaian dimungkinkan pada fase yang berbeda dari Capaian Pembelajaran (CP) setiap mapel.

Bagaimana cara menerapkan capaian pembelajaran pada pembelajaran di satuan pendidikan?

Capaian pembelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Satuan pendidikan dapat menganalisis capaian pembelajaran (CP) dan mengembangkan tujuan pembelajaran berdasarkan CP untuk digunakan dalam perencanaan pembelajaran di kelas. Capaian pembelajaran dapat dilihat dan diunduh pada laman kurikulum.kemdikbud.go.id/rujukan.

Baca :

Demikian pertanyaan yang sering muncul (FAQ) seputar Capaian Pembelajaran. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *