Soal Latihan PAS ke-NU-an Kelas 10 SMA MA 2022 dan Kunci Jawaban

Soal Latihan PAS ke-NU-an Kelas 10 SMA MA 2022 dan Kunci Jawaban

Tutorilmu.id. Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk Tahun Pelajaran 2022/2023 sebentar lagi akan dilaksanakan. Berikut dibagikan Soal Latihan PAS ke-NU-an Kelas 10 SMA MA 2022 dan Kunci Jawaban.

Latihan soal ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik, sehingga peserta didik memiliki gambaran bentuk soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran ke-NU-an Kelas 10 SMA MA Tahun 2022.

Pengertian Penilaian Akhir Semester (PAS)

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester).

Sesuai aturannya, Penilaian Akhir Semester (PAS) menguji materi pelajaran yang diberikan sepanjang semester ganjil.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengukur ketercapaian siswa dalam menyerap materi yang telah diajarkan oleh guru, melalui indikator-indikator yang telah ditentukan.

Baca : Soal Latihan PAS Fikih Kelas 10 SMA MA 2022 dan Kunci Jawaban

Soal PAS ke-NU-an Kelas 10 dan Kunci Jawaban

Petunjuk

Pilihlah jawaban yang paling tepat pada salah satu jawaban A, B, C, D, atau E!

Soal nomor 1

Kata Nahdlah dalam pengertian Nahdlatul Ulama mempunyai makna ….

A. dibangkitkan

B. bangkit

C. kebangkitan

D. bangkitlah

E. bangkit

Soal nomor 2

Berikut ini yang bukan tujuan didirikannya NU adalah ….

A. melestarikan ajaran Aswaja

B. menyumbangkan Aswaja

C. mengembangkan Aswaja

D. mengamalkan Aswaja

E. memperjuangkan Aswaja

Soal nomor 3

Gambar empat bintang di atas garis katulistiwa dalam lambang NU bermakna ….

A. 4 imam madzhab

B. 4 sumber hukum Islam

C. 4 Khulafa’ur Rosyidin

D. 4 arah mata angin

E. 4 tiang agama

Soal nomor 4

Pengurus cabang NU berkedudukan di ….

A. ibukota

B. luar negeri

C. kabupaten

D. provinsi

E. nasional

Soal nomor 5

Badan otonom yang beranggotakan perempuan muda NU adalah ….

A. IPPNU

B. Muslimat NU

C. Fatayat NU

D. Nasiatul ‘Asiyah

E. GP Ansor

Soal nomor 6

Makna Mustasyar dalam struktur kepengurusan NU adalah ….

A. petugas harian

B. pelaksanaan harian

C. pimpinan tertinggi

D. penasehat

E. pemimpin

Soal nomor 7

Bertugas sebagai apa Lajnah falakiyah dalam lajnah NU ….

A. mengurus Zakat

B. mengurus masalah hisab dan rukyah

C. mengurus sodaqoh

D. menghimpun dan mengelola organisasi

E. menerbitkan kitab Aswaja

Soal nomor 8

Konferensi besar ini dihadiri oleh Pengurus Besar dan Pengurus Wilayah, membahas antara lain ….

A. pelaksanaan keputusan muktamar;

B. mengkaji perkembangan organisasi

C. membahas masalah keagamaan

D. membahas masalah kemasyarakatan

E. membahas masalah politik

Soal nomor 9

Badan otonom yang beranggotakan pelajar NU adalah ….

A. Fatayat

B. Muslimat

C. IPNU IPPNU

D. GP Ansor

E. Banser

Soal nomor 10

Permusyawaratan rapat anggota diselenggarakan kepengurusan tingkat ….

A. cabang

B. ranting

C. pusat

D. wilayah

E. anak Cabang

Soal nomor 11

IPNU didirikan sebagai badan otonom NU untuk organisasi bagi pelajar dan santri pada tanggal ….

A. 21 Februari 1954

B. 22 Februari 1954

C. 23 Februari 1954

D. 24 Februari 1954

E. 25 Februari 1954

Soal nomor 12

Batasan umur untuk menjadi anggota IPNU IPPNU adalah ….

A. 3 – 6 tahun

B. 6 – 9 tahun

C. 9 – 13 tahun

D. 13 – 29 tahun

E. 29 – 40 tahun

Soal nomor 13

Anggota IPNU IPPNU sesuai dengan tujuan didirikannya terdiri dari ….

A. LSM

B. Ustadz

C. Pelajar dan santri

D. Ulama

E. Cendekiawan

Soal nomor 14

Memantapkan diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya manusia terdidik dalam organisasi IPNU IPPNU termasuk ke dalam wawasan ….

A. Kebangsaan

B. Keilmuan

C. Keterpelajaran

D. keIslaman

E. Persaudaraan

Soal nomor 15

Struktur kepemimpinan IPNU IPPNU di sekolah atau madrasah maupun di pondok pesantren adalah pimpinan ….

A. Ranting

B. komisariat

C. anak Cabang

D. cabang

E. pimpinan Wilayah

Soal nomor 16

Struktur kepemimpinan IPNU IPPNU di sekolah atau madrasah maupun di pondok pesantren selama ….

A. 1 tahun

B. 2 tahun

C. 3 tahun

D. 4 tahun

E. 5 tahun

Soal nomor 17

Permusyawaratan tertinggi dalam IPNU IPPNU untuk tingkat pusat adalah ….

A. rapat Anggota

B. konferensi Cabang

C. konferensi Anak Cabang

D. kongres

E. rapat Anggota

Soal nomor 18

Pendidikan pengkaderan IPNU IPPNU bagi anggotanya yang baru adalah ….

A. Makesta

B. Lakmud

C. Lakmad

D. L;akut

E. Latihan Pelatih

Soal nomor 19

Salah satu syarat untuk menjadi anggota IPNU IPPNU adalah pernah mengikuti pendidikan dasar, yaitu ….

A. Makesta

B. Lakmud

C. Lakmad

D. L;akut

E. Latihan Pelatih

Soal nomor 20

Strutkur organisasi IPNU IPPNU di tingkat kabupaten/kota adalah pimpinan ….

A. Cabang

B. Anak Cabang

C. Komisariat

D. Ranting

E. Pusat

Soal nomor 21

Secara istilah ahlussunnah wal Jama’ah dapat diartikan ….

A. golongan yang mengikuti serta mengamalkan ajaran Islam yang murni sesuai yang diajarkan Rasulullah dan para sahabatnya.

B. golongan yang menyebrang dari ajaran Islam yang murni sesuai yang diajarkan Rasulullah dan para sahabatnya.

C. golongan yang masih keluarga dengan Rasulullah dan para sahabatnya.

D. golongan yang merupakan pengikut dari Muawiyah bin Abu Sofyan

E. golongan yang serta merta berjalan dan membuat paham sesuai dengan pemimpinnya.

Soal nomor 22

Ahlussunnah wal jamaah sebagai faham keagamaan yang dalam bidang fikih menggunakan jalan pendekatan mengikuti….

A. Abu hasan Al Asyari dan Abu Mansur Al Marturidi

B. Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Al Gazali

C. Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Hambali

D. Al Gazali dan Abu Qasim Junaidi Al Bagdadi

E. Al Gazali dan Abu Hasan Al Asyari

Soal nomor 23

Ahlussunnah wal jamaah sebagai faham keagamaan yang dalam bidang Aqidah menggunakan jalan pendekatan mengikuti….

A. Abu hasan al Asyari Abu Mansur Al Marturidi

B. Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Al Gazali

C. Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Hambali

D. Al Gazali dan Abu Qasim Junaidi Al Bagdadi

E. Al Gazali dan Abu Hasan Al Asyari

Soal nomor 24

Ahlussunnah wal jamaah sebagai faham keagamaan yang dalam bidang tasawuf menggunakan jalan pendekatan mengikuti….

A. Abu hasan al Asyari Abu Mansur Al Marturidi

B. Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Al Gazali

C. Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Hambali

D. Al Gazali dan Abu Qasim Junaidi Al Bagdadi

E. Al gazali dan Abu Hasan Al Asyari

Soal nomor 25

Arti dari ma anaa alaihi wa ashabi adalah yang ….

A. mempertahankan pemahaman islam mengikuti Nabi dan sahabatnya

B. melenceng dari pemahaman islam tidak mengikuti Nabi dan sahabatnya

C. merubah pemahaman islam tentang Nabi dan sahabatnya

D. ragu mempertahankan pemahaman islam mengikuti Nabi dan sahabatnya

E. mengabaikan pemahaman islam mengikuti Nabi dan sahabatnya

Soal nomor 26

Di dalam sejarah Ahlusunnah wal Jamaah Pada awalnya muncul 3 golongan dalam islam yaitu ….

A. Syiah, Khawarij, dan Ahmadiyah

B. Syiah, Khawarij, dan pendukung Muawiyah

C. Syiah, Khawarij, dan Wahabi

D. Syiah, Jabariyah, dan Wahabi

E. Syiah, Qadariyah, dan Ahmadiyah

Soal nomor 27

Golongan atau kelompok yang keluar dari pendukung Ali bin Abi Thalib disebut dengan ….

A. Aswaja

B. Syiah

C. Khawarij

D. Ahmadiyah

E. Qadariyah

Soal nomor 28

Kelompok yang masih dalam barisan pendukung Ali disebut dengan ….

A. Aswaja

B. Khawarij

C. Syiah

D. Ahmadiyah

E. Qadariyah

Soal nomor 29

Di dalam perjalanannya disebutkan bahwa ahlusunnah wal jamaah adalah pengikut rumusan paham ….

A. Syiah dan khawarij

B. Syiah dan asy’ari

C. Asy’ari dan maturidi

D. Asy’ari dan ahmadiyah

E. Syiah dan salafi

Soal nomor 30

Menurut sebuah hadist Nabi diriwayatkan bahwa umat islam terpecah menjadi …..

A. 71 golongan

B. 72 golongan

C. 27 golongan

D. 73 golongan

E. 37 golongan

Soal nomor 31

Bagaimana cara yang dilakukan para Walisanga dalam menyebarkan agama islam sesuai dengan konsep yang dibawa oleh ulama terdahulu yang mengusung Ahlussunnah wal Jamaah dengan cara ….

A. damai, moderat, dan memaksa

B. damai, moderat, dan membujuk

C.  damai, moderat, dan toleran

D. damai, sejuk dan melawan

E. damai, sejuk dan antusias

Soal nomor 32

Salah satu walisanga yang disebut sebagai “bapak sepiritual walisanga”, yaitu…..

A. Sunan Ampel

B. Sunan Gresik

C. Sunan Giri

D. Sunan Muria

E. Sunan Kudus

Soal nomor 33

Salah seorang putra dari Sunan Gresik yang melanjutkan perjuangannya dan merupakan peletak dasar pendidikan agama model pesantren  ….

A. Sunan Ampel

B. Sunan Bonang

C. Sunan Giri

D. Sunan Muria

E. Sunan Kudus

Soal nomor 34

Dalam perkembangannya, hubungan NU dan Ahlussunnah Wal Jamaah adalah….

A. NU didirikan menjadi organisasi yang meninggalkan faham Ahlussunnah Wal Jamaah

B. NU didirikan menjadi organisasi yang menyatukan faham Ahlussunnah Wal Jamaah dengan faham Ahmadiyah

C. NU didirikan menjadi organisasi yang membelokkan faham Ahlussunnah Wal Jamaah

D. NU didirikan menjadi organisasi yang menggeser faham Ahlussunnah Wal Jamaah

E. NU didirikan menjadi organisasi yang memperjuangkan faham Ahlussunnah Wal Jamaah

Soal nomor 35

Hasyim Asyari mendirikan sebuah organisasi islam yang bernama Nahdlatul Ulama sebagai organisasi yang befaham Ahlussunnah Wal Jamaah pada ….

A. 31 Januari 1926 M / 12 Rajab 1344 H

B. 31 Januari 1926 M / 13 Rajab 1344 H

C. 31 Januari 1926 M / 14 Rajab 1344 H

D. 31 Januari 1926 M / 15 Rajab 1344 H

E. 31 Januari 1926 M / 16 Rajab 1344 H

Soal nomor 36

Sebelum lahirnya organisasi islam Nahdlatul Ulama, kiai Wahab Chasbullah pada tahun 1914 telah mendirikan kelompok diskusi yang terkenal dengan nama ….

A. Nahdlatul wathan

B. Tashwirul afkar

C. Nahdlatul tujjar

D. Nahdlatul fikr

E. Nahdlatul hijaz

Soal nomor 37

Di dalam muktamar NU di Situbondo 1984, dirumuskan watak dan karakter NU sebagai organisasi yang mempunyai sikap kemasyarakatan yang ….

A. Tawassuth, Tawakal, dan Tawazun

B. Tawassuth, Tasamuh, dan Tawazun

C. Tawassuth, Ta’dzim, dan Tawazun

D. Tawassuth, Toma’, dan Tasamuh

E. Tawassut, Tasamuh, dan Tawakal

Soal nomor 38

Salah satu tujuan didirikannya NU untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat. Hal ini dapat dilihat dalam usaha usaha yang dilakukan NU sebagai berikut, kecuali …..

A. dalam bidang agama

B. dalam bidang pendidikan

C. dalam bidang ekonomi

D. dalam bidang sosial

E. dalam bidang perdagangan

Soal nomor 39

Penjelasan Lambang Nahdlatul Ulama tertera dalam Anggaran Dasar NU pada ….

A. Pasal 4

B. Pasal 14

C. Pasal 8

D. Pasal 18

E. Pasal 40

Soal nomor 40

Pada Lambang NU gambar 4 bintang di atas garis katulistiwa melambangkan ….

A. Madzhab 4

B. Khulafaurrosyidin

C. Walisongo

D. Para ulama

E. Para raja

Kunci Jawaban Latihan PAS ke-NU-an Kelas 10 SMA MA 2022  dapat didownload pada tautan di bawah ini.

Baca : Soal Latihan PAS Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA MA 2022 dan Kunci Jawaban

Demikian tentang Soal Latihan PAS ke-NU-an Kelas 10 SMA MA 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *