Susunan Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2023

Susunan Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2023

Tutorilmu.id. Berikut ini adalah susunan upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023. Susunan Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2023 tercantum di dalam Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023

Di dalam Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, disampaikan bahwa Upacara Hari Pahlawan 2023 dilaksanakan hari Jumat, 10 November 2023 mulai pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka atau menyesuaikan.

10 November diperingati sebagai hari bersejarah, yaitu Hari Pahlawan yang merupakan peringatan peristiwa heroik arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959, tanggal 16 Desember 1959, ditetapkan 10 November 1945 sebagai Hari Pahlawan. Setiap tanggal 10 November 1945 di semua instansi pemerintah melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan.

Di dalam Pertempuran Surabaya para tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Pertempuran dalam skala besar ini menjadi salah satu sejarah kelam, karena menewaskan 6000 hingga 16.000 pejuang dari Indonesia. Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dan pasukan asing, usai proklamasi kemerdekaan. Perang mencapai waktu tiga minggu, sebelum akhirnya seluruh kota Surabaya jatuh ke tangan pihak Inggris.

Oleh karena itu, tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Monumen tugu Pahlawan yang berada di Jalan Pahlawan juga menjadi tanda penghormatan terhadap perjuangan untuk mempertahankan tanah Surabaya.

Baca : Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2023

Susunan Upacara Hari Pahlawan 2023

Susunan Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2023
Susunan Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2023

Sifat Upacara Hari Pahlawan 2023 adalah khidmat, tertib, dan sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Berikut ini adalah susunan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023.

a. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

b. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

c. Pengibaran bendera Merah Putih, diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.

d. Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.

e. Pembacaan Pancasila.

f. Pembacaan Pembukaan UUD’45.

g. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan (ditentukan panitia).

h. Amanat Pembina Upacara.

i. Pembacaan Do’a.

j. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

k. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

l. Upacara selesai.

Catatan :

Apabila Upacara terpaksa tidak dapat dilaksanakan di lapangan terbuka, pengibaran Bendera Merah Putih diganti dengan Bendera Merah Putih yang sudah dipasang di tiang.

Namun pokok-pokok acara lainnya wajib diikuti dengan penyesuaian seperlunya dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Demikian Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023. Terima kasih sudah berkunjung ke Tutorilmu.id. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *