Tabel, Grafik, Diagram : Fungsi, Pengertian, dan Cara Membacanya

Tabel, Grafik, Diagram : Fungsi, Pengertian, dan Cara Membacanya

Tutorilmu.id.Penyajian sebuah informasi tidak mutlak disampaikan dalam bentuk teks ataupun wacana yang berbentuk paragraf. Tabel, grafik, dan diagram adalah salah satu bentuk penyampaian informasi yang berupa gambar.

Umumnya  tabel, grafik, dan diagram memuat hal berkaitan dengan angka, urutan atau tingkatan secara periodik, perbandingan, serta data-data dalam ruang lingkup dan waktu tertentu.

Grafik, tabel, dan diagram yang menyertai teks bacaan memiliki fungsi untuk memperjelas isi wacana. Paparan yang rumit akan lebih mudah pembaca pahami jika disertai dengan hal tersebut.

Baca : Penggunaan Gambar sebagai Media Pembelajaran yang Efektif

Teks bacaan dengan tabel, grafik dan diagram, membantu pembaca untuk lebih memfokuskan hanya pada tabel, grafik atau diagram  yang ada dalam wacana. Biasanya pembaca akan mencari bagian-bagian yang  mereka perlukan saja.

Pada grafik, tabel, dan diagram menyajikan informasi dengan tampilan sedemikian rupa dalam gambar yang mewakili sejumlah data.

Penggambaran angka menjadi garis ataupun gambar akan memudahkan dalam memahami sebuah data, sebuah perkembangan dan lebih memudahkan menyimpulkan isi data.

Untuk itu memerlukan keahlian dalam membaca informasi berbentuk grafik, tabel atau bagan.

Pengertian Tabel, Grafik, dan Diagram

Tabel

Kasus dan  kematian  Covid-19  di dunia pada Selasa (24/8/2021)

Tabel adalah data yang berisi iktisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dn deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah untuk disimak(menurut :Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Cara memahami isi tabel yaitu dapat dengan cara memahami fakta yang terdapat dalam tabel. Tabel terdiri atas kolom (memanjang ke kanan) dan baris (memanjang ke bawah). Kolom dan baris dihubungkan dengan data yang merupakan isi dari tabel tersebut

Grafik

Grafik yaitu berisi lukisan pasang surut suatu keadaan yang tergambar dengan garis atau gambar. Biasanya untuk menunjukan turun naiknya hasil, statistik dan sebagainya.

Seperti dalam memahami tabel, cara memahami grafik dengan mulai memahami fakta yang terdapat dalam grafik.

Agar mudah memahami fakta di dalam grafik, buatlah pertanyaan-pertanyaan dengan mengacu pada rumus 5W + 1H (what, where, when, who, why, dan how) terdapat isi grafik tersebut.

Diagram

Diagram yaitu merupakan gambaran yang memperlihatkan atau menerangkan sesuatu.

Cara memahami diagram sama dengan memahami tabel dan grafik, yaitu dengan memahami fakta yang didapat dari mangajukan pertanyaan 5W + 1H.

Cara Menemukan Informasi Grafik, Tabel, dan Diagram

Bagaimana cara menemukan informasi di dalam grafik, tabel, dan diagram? Terdapat beberapa tahap yang bisa kita lakukan untuk menemukan informasi dalam grafik, tabel, dan diagram, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Membaca judul yang ada pada grafik, tabel, dan diagram  terlebih dahulu.

2. Memperhatiakn dan membaca keterangan yang ada dalam gambar.

3. Membaca dan memperhatikan perbedaanya di setiap masing-masing gambar

4. Membuat kesimpulan berdasarkan data dan keterangan pada gambar.

Demikian informasi tentang Tabel, Grafik, Diagram : Fungsi, Pengertian, dan Cara Membacanya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan