Tujuan, Manfaat, dan Jenis Karya Ilmiah yang Harus Kamu Ketahui

Tujuan, Manfaat, dan Jenis Karya Ilmiah yang Harus Kamu Ketahui

Tutorilmu.id. Saat mendengar tentang karya ilmiah, secara sederhana, pasti yang terbayang adalah suatu tulisan yang berisi hal-hal logis, terkait dengan suatu penelitian,dan menghasilkan penemuan baru.

Karya ilmiah, merupakan gabungan dari dua suku kata .Karya, dapat diartikan sebagai hasil sebuah usaha, upaya, perbuatan atau ciptaan.

Sedangkan ilmiah, menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan, atau memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan.

Baca : Karya Ilmiah : Pengertian, Ciri-Ciri dan Strukturnya

Jadi, secara menyeluruh, karya ilmiah merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari dengan menggunakan penerapan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, mengusung permasalahan yang bersifat obyektif serta faktual.

Pengertian karya tulis ilmiah menurut KBBI merupakan karya tulis yang dalam pembuatannya  menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dan berdasarkan fakta (observasi, eksperimen, dan kajian pustaka).

Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

Tujuan penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut.
1. Sebagai wahana untuk melatih ide tersurat atau hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang sistematis dan metodologis.
2. Makalah ilmiah yang telah ditulis diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dan masyarakat.
3. Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
4. Membuktikan pengetahuan dan potensi ilmiah yang siswa miliki dalam menghadapi dan memecahkan masalah dalam bentuk karya ilmiah yang bersangkutan setelah mendapat pengetahuan.
5. Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Adapun manfaat penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut.
1. Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif.
2. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber.
3. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan.
4. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis.
5. Memperoleh kepuasan intelektual.
6. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.
7. Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah memiliki tujuh jenis. Perbedaannya terletak dari isi dan sistematika penulisan. Ketujuh jenis tersebut antara lain.

1. Artikel

Artikel yaitu tulisan yang berisi opini penulis atas permasalahan tertentu. Opini yang penulis sampaikan bukan pandangan subjektif semata, tetapi berdasarkan beberapa penelitian oleh Lembaga atau institusi tertentu.

2. Makalah

Makalah merupakan jenis karya tulis ilmiah yang dalam proses penulisannya membutuhkan data studi lapangan sehingga bersifat empiris dan objektif. Data-data yang dihimpun dari studi lapangan berguna untuk menyelesaikan masalah penelitian. Makalah pada umumnya dipresentikan dalam sebuah seminar.

3. Skripsi

Skripsi adalah jenis karya tulis ilmiah yang mahasiswa susun untuk mendapatkan gelar strata satu (S-1). Dalam proses pembuatannya, orisinalitas menjadi hal yang utama. Bentuk akhir skripsi biasanya berbentuk hard cover dan dipresentasikan di depan para dosen penguji dan pembimbing,

4. Work paper

Work paper atau kertas kerja adalah jenis karya tulis ilmiah yang hampir mirip dengan makalah, tetapi analisisnya lebih mendalam. Mempresentasikan karya ini di depan para ilmuwan dan pada umumnya isi work paper berisi solusi dari permasalahan besar yang sedang terjadi.

5. Paper

Paper adalah jenis karya tulis ilmiah yang popular pada kalangan mahasiswa. Strukturnya mirip dengan makalah, tetapi lebih sederhana. Permasalahan lebih sempit agar dapat terfokus. Pada umumnya, mahasiswa menulis papaer untuk memenuhi nilai Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun Ujian Akhir Semester (UAS).

6. Tesis

Tesis adalah salah satu syarat untuk meraih gelar strata dua (S-2) atau Master. Perbedaannya dengan skripsi, tesis mengalisis suatu topik penelitian lebih kompleks sehingga tingkat ilmiah dari tesis lebih kuat daripada skripsi.

7. Disertasi

Disertasi yaitu jenis karya tulis ilmiah yang disusun untuk memperoleh gelar strata tiga (S-3) atau doktoral. Calon doktor mencari permasalahan yang tengah manusia hadapi pada bidang tertentu lalu mencari solusi akan permasalahan tersebut sehingga hasil karyanya bermanfaat nyata sehingga bersifat orisinal.

Demikian ulasan tentang Tujuan, Manfaat, dan Jenis Karya Ilmiah yang Harus Kamu Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan